Tahap Awal Program Hamil, Tanyakan 7 Hal Ini pada Dokter agar Bunda Lebih Mantap

Trending 3 months ago 16
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Memiliki keinginan untuk akhirnya mempunyai bayi ialah keputusan yang penting. Namun, sebelum memulai perjalanan program hamil, sebaiknya Bunda membikin jadwal kunjungan prakonsepsi ya.

Mary Jane Minkin, MD, seorang profesor klinis di Departemen Obstetri, Ginekologi dan Ilmu Reproduksi di Fakultas Kedokteran Universitas Yale merekomendasikan agar pasangan yang mau menjalani program hamil terlebih dahulu mengunjungi layanan kesehatan beberapa bulan sebelumnya.

Dalam kunjungan prakonsepsi ini, dokter akan menilai riwayat kesehatan, mengevaluasi masalah medis apa pun dan memberi Bunda saran untuk membentuk kehamilan yang sehat. Sebelum janji temu tiba, pikirkan pertanyaan apa saja yang menyangkut kepentingan kehamilan untuk ditanyakan kepada dokter.


Tuliskan pertanyaan-pertanyaan tersebut agar tak ada yang terlewat saat janji temu tiba. Tidak perlu bingung memikirkan apa saja yang harus ditanyakan, HaiBunda sudah merangkum 7 pertanyaan yang dapat menjadi referensi Bunda.

Tahap awal program hamil, 7 pertanyaan untuk dokter  1. "Berapa lama waktu yang saya butuhkan untuk hamil?"

Mengenai berapa lama kemungkinan Bunda akan hamil, kemungkinan dokter tak dapat memprediksinya secara tepat. Namun, dokter mungkin mempunyai beberapa prediksi umum berdasarkan usia, riwayat kesehatan, dan pengalaman konsepsi Bunda sebelumnya.

Ginekolog mungkin akan mempertimbangkan usia bunda dan pasangan serta kondisi medis (jika ada) untuk memberikan perkiraan.

2. "Apakah kondisi kesehatan saya memengaruhi kesuburan?"

Melansir laman Timesofindia.com, ini ialah pertanyaan krusial untuk ditanyakan karena dapat mencegah komplikasi selama kehamilan. Sebab kondisi medis tertentu dapat memengaruhi kesempatan kehamilan.

Menurut Dr. Minken, beberapa kondisi medis dapat memengaruhi kemampuan Bunda untuk hamil. Ini termasuk sindrom ovarium polikistik (PCOS), endometriosis, gangguan tiroid, dan bahkan PMS.

Sedangkan untuk pasangan, masalah yang mungkin terjadi ialah jumlah sperma, mortilitas atau morfologi yang dapat membikin pembuahan menjadi sulit.

3. "Apakah saya perlu meminum suplemen atau vitamin?" 

Melansir laman Parents.com, calon Bunda sebaiknya mengonsumsi suplemen masam folat sejak 3 tiba 6 bulan sebelum mencoba untuk hamil. Dr Minken mengatakan bahwa masam folat dapat mengurangi risiko abnormal tabung saraf dan beberapa abnormal lahir, Bunda.

Selain itu, dokter juga mungkin akan merekomendasikan vitamin prenatal, kalau tampaknya Bunda terlihat kekurangan nutrisi tertentu.

Klik halaman berikutnya untuk tahu 4 pertanyaan lainnya yang dapat dijadikan referensi saat berjumpa dokter.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang tanda Bunda siap hamil secara fisik dan mental.

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan

Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right