Rumus Menghitung Luas dan Volume Prisma Tegak Segitiga untuk Pelajaran SD

Trending 2 months ago 15
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Menemani anak belajar di rumah tentu membutuhkan pengetahuan yang lebih ya Bunda. Untuk membantu memahami pelajaran Si Kecil Bunda dapat mencari tahu sebelumnya. Nah, kalau pelajaran itu tentang prisma tegak segitiga, yuk simak lanjut penjelasannya berikut ini. 

Mengutip dari kitab karya Wahyudin Djumanta berjudul Mari Memahami Konsep Matematika, prisma ialah bangun ruang yang dibatasi dua bidang yang sejajar adalah atap dan alas, dan beberapa bidang yang tegak lurus atau sisi tegak memotong bidang sejajar tersebut.  

Ada berbagai jenis prisma yang ditentukan oleh bentuk atap dan alasnya. Sebagai contoh, prisma tegak segitiga alasnya berbentuk segitiga, sementara prisma tegak segi empat atau biasa dikenal dengan balok, dasar dan tutupnya berbentuk segi empat. 


"Prisma tegak ialah bangun ruang yang dibatasi dua bidang yang sejajar dan kongruen, serta bidang-bidang tegak berbentuk persegi panjang yang tegak lurus terhadap dua bidang yang sejajar dan kongruen tersebut," tulis Wahyudin Djumanta yang dikutip dalam bukunya berjudul Mari Memahami Konsep Matematika. 

Sifat-sifat prisma tegak segitiga

Mengutip dari kitab berjudul Siap Menghadapi UAS SD, prisma tegak segitiga ialah prisma yang dasar dan tutupnya berbentuk segitiga.

Ciri-ciri prisma tegak segitiga ialah sebagai berikut:

Mempunyai 5 buah sisi Bentuk dasar dan atapnya segitiga Rusuk tegak sama panjang Mempunyai 6 buah titik sudut Mempunyai 9 buah rusuk

Untuk menghitung jumlah sisi, rusuk, titik sudut, dan perspektif pada prisma tegak lainnya dapat menggunakan rumah sebagai berikut:

Sisi: n + 2

Rusuk: n x 3

Titik sudut: n x 2

Sudut: n x 6

Keterangan:

n = bilangan pada nama segi prisma atau menunjukkan segi prisma. Misalnya prisma tegak segitiga, berarti n = 3.

Luas dan volume prisma tegak segitiga  Luas prisma tegak segitiga

= luas dasar + luas sisi tegak + luas tutup

= 2 x luas dasar + luas sisi tegak

L = 2 x luas dasar + 3 x luas sisi tegak

Rumus di atas beraksi untuk dasar dan tutup prisma yang berbentuk segitiga sama sisi. Namun kalau Bunda mau mencari luas permukaan prisma dengan dasar segitiga tak sama sisi, Bunda dapat menyimak penjelasan di halaman berikutnya, ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video tips mendidik anak generasi alpha dalam bersosialisasi:

[Gambas:Video Haibunda]