Review Serial: Andor

Trending 1 week ago 8
ARTICLE AD BOX

Instastori Indonesia

Rabu, 21 Sep 2022 20:15 WIB

Bagikan :  

Serial Andor mempunyai potensi untuk berkembang hingga seperti The Mandalorian, tapi baru Serial Andor mempunyai potensi untuk berkembang hingga seperti The Mandalorian, tapi baru

Jakarta, Instastori Indonesia --

Di antara seluruh serial Star Wars yang pernah diluncurkan di Disney+, serial Andor tampak terasa paling jauh dari waralaba orisinalnya.

Sebenarnya ini tak sepenuhnya buruk. Sutradara diberikan ruang untuk mengembangkan watak Cassian Andor yang hanya penggemar kenal lewat film Rogue One: A Star Wars Story (2016).

Bagi para penggemar Star Wars yang menantikan serial Andor dapat menjadi medium untuk kembali ke semesta Star Wars, mungkin bakal kecewa dengan tiga episode awal.

Bagi beberapa yang menonton serial ini mungkin tak hanya mau mengenal Cassian Andor (Diego Luna) lebih dalam, tapi juga untuk memandang pertumbuhan benih-benih Rebel Alliance. Saya, sebagai penggemar, pun merasakan hal yang sama. Tapi, kami disuruh menunggu lebih lama.

Dalam tiga episode awal, watak dan suasana perang luar angkasa itu nyaris sama sekali tak ditampilkan.

Mungkin itu tujuan Disney dan Lucasfilm menggarap serial Andor: untuk membikin serial dengan setting baru, serupa dengan The Mandalorian yang memperkenalkan watak bounty hunter Din Djarin dan Grogu alias Baby Yoda.

Kedua watak itu pada awalnya relatif tak dikenal di awal serial. Tapi, seiring waktu, para penonton tetap terpikat dengan cerita mereka.

Kembali ke Andor. Dalam dua episode pertama, serial itu membawa penonton masuk ke kehidupan sehari-hari penduduk kota mini tempat Cassian tinggal. Di luar kehidupan masyarakatnya, tak ada watak atau suasana dari waralaba Star Wars yang sudah tak asing lagi bagi para pengemar.

Bahkan, Jedi dan Force tak disebutkan barang sekali pun.

Padahal, saya sudah terbiasa disajikan karakter-karakter "spesial" yang punya peran krusial dalam perjuangan antara Rebel Alliance melawan Galactic Empire yang dipimpin Darth Vader.

Karakter-karakter dalam episode awal Andor tampak seperti tak mempunyai keinginan untuk melawan Empire atau mencari kaum Jedi. Cassian sendiri bahkan hanya konsentrasi pada upayanya melindungi diri sendiri dari kasus hukum.

Sedangkan, masyarakat yang tinggal di kota mini itu menjalani hidup seperti biasa, tak seperti sedang hidup di tengah perang. Itu terjadi karena ranah serialnya dipersempit di kota itu saja tanpa ada petualangan ke luar angkasa.