Rambut Rontok saat Menyusui, akan Berhenti Sendiri atau Perlu Diobati?

Trending 5 days ago 7
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Rambut rontok biasa dialami saat menyusui. Lalu apakah kondisi ini wajar ya, Bunda?

Rambut rontok tanpa disadari dapat bikin Bunda enggak percaya diri. Kondisi ini sebenarnya wajar dan umum dialami bunda menyusui atau busui usai melahirkan.

Penyebab rambut rontok saat menyusui

Menurut Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi, dr. Yassin Yanuar Mohammad SpOG-KFER, Msc, rambut rontok usai melahirkan ialah hal yang wajar. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon setelah melahirkan.


"Hal ini merupakan sesuatu yang wajar. Terjadinya akibat turunnya kadar hormon estrogen secara drastis pasca melahirkan," tulis dokter Yassin, dikutip dari Instagram miliknya, HaiBunda sudah mendapatkan izin untuk mengutipnya.

Yassin menjelaskan, selama kehamilan, pertumbuhan rambut Bunda dapat terakselerasi akibat pengaruh kadar hormon estrogen yang berlipat-lipat ganda. Akibatnya, Bunda akan merasa bahwa rambut menjadi lebih tebal selama hamil.

Nah, setelah bayi lahir, kadar estrogen tersebut akan menurun drastis dalam waktu singkat. Bunda yang sedang menyusui pun akan mengalami rambut rontok yang lebih banyak.

Rambut rontok saat menyusui sebenarnya enggak perlu dikhawatirkan. Hal tersebut ialah bagian dari perubahan tubuh yang Bunda alami usai bersalin.

Nah, rambut rontok ini juga sebenarnya hanya bersifat sementara. Setelah beberapa bulan, rambut rontok akan lenyap dan kembali tumbuh normal.

"Rambut rontok pada busui itu tak perlu dikhawatirkan karena dalam beberapa bulan akan kembali lagi (membaik). Tenang saja ya," ungkap Yassin.

Rambut rontok memang menjadi salah satu perubahan yang akan Bunda alami usai melahirkan. Lalu berapa lama rambut rontok saat menyusui akan berhenti?

Apakah busui membutuhkan perawatan atau pengobatan spesifik untuk mengatasinya? Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 langkah awal yang krusial untuk Bunda yang pertama kali menyusui, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]