Program Hamil Anak Kembar Secara Alami dan Medis, Adakah Makanan Pendukungnya?

Trending 2 months ago 9
ARTICLE AD BOX

Kehamilan kembar menjadi asa sebagian suami istri. Hamil anak kembar terjadi ketika dua sel telur dibuahi atau ketika satu sel telur yang dibuahi membelah menjadi dua embrio.

Seiring dengan perkembangan di bumi kedokteran, kehamilan kembar pun dapat direncanakan secara alami dan medis. Tidak seperti dahulu, kini Bunda dan Ayah mempunyai lebih banyak besar kesempatan dan asa mempunyai anak kembar.

Mengapa demikian? Di samping faktor-faktor penyebabnya, hal ini karena terdapat program hamil anak kembar, bagus yang dilakukan secara alami atau juga medis.


Kali ini, Bubun akan membahas tentang program hamil anak kembar. Baik yang dilakukan secara alami, maupun dengan langkah medis. Bubun juga akan membahas makanan apa yang membantu untuk program hamil bayi kembar.

Faktor penyebab anak lahir kembar

Ada beberapa unsur penyebab kehamilan kembar. Mengutip dari berbagai sumber, faktor-faktor ini diyakini meningkatkan kesempatan seorang wanita akan hamil anak kembar: 

1. Sejarah keluarga

Seorang wanita mempunyai kesempatan yang sedikit lebih tinggi untuk mempunyai anak kembar kalau dia mempunyai riwayat keluarga kembar. Riwayat keluarga kembar dari pihak bunda meningkatkan kemungkinan ini lebih dari riwayat keluarga dari pihak ayah. Namun, ini hanya beraksi kalau pembuahan terjadi tanpa menggunakan perawatan kesuburan.

Wanita yang merupakan kembar non-identik menghasilkan anak kembar sekeliling 1 dari setiap 60 kelahiran. Bagi pria yang kembar non-identik, kesempatan untuk hamil kembar hanya 1 dari setiap 125 kelahiran.

Beberapa orang percaya bahwa anak kembar dapat melewati satu generasi, artinya seseorang berpotensi mempunyai anak kembar kalau salah satu kakek neneknya memilikinya. Namun, ada sedikit bukti untuk mendukung teori ini.

2. Umur

Wanita yang berusia 30 tahun atau lebih cenderung mengandung anak kembar. Alasannya ialah karena wanita pada usia ini lebih mungkin melepaskan lebih dari satu sel telur daripada wanita yang lebih muda selama siklus reproduksi mereka. Jika sperma membuahi dua sel telur yang terpisah, maka kehamilan kembar dapat terjadi.

3. Berat badan

Orang dengan berat badan lebih tinggi lebih mungkin mengandung anak kembar daripada orang dengan berat badan lebih rendah. Lemak tubuh ekstra biasanya menyebabkan peningkatan kadar estrogen, dan kadar estrogen yang lebih tinggi dapat menyebabkan overstimulasi ovarium.

Pada kondisi ini, ovarium dapat melepaskan dua atau lebih. Sementara kemungkinan kembar dapat meningkat, akan tetapi faktor-faktor lain yang terkait dengan kelebihan berat badan secara umum dapat membikin seorang Bunda jadi lebih susah untuk hamil.

4. Tinggi badan

Orang yang lebih tinggi dari rata-rata lebih cenderung mempunyai anak kembar. Satu penelitian menemukan bahwa orang dengan tinggi rata-rata 164,8 cm lebih mungkin mengandung anak kembar daripada orang dengan tinggi rata-rata 161,8 cm .

Tidak jelas dalih di balik unsur tersebut, akan tetapi satu teori menyatakan bahwa nutrisi yang lebih bagus (yang dapat menyebabkan lebih tinggi) sebagian berada di belakang peningkatan nomor kembar.

5. Menyusui

Memang benar menyusui juga dapat menekan kesuburan dan mencegah kehamilan, khususnya pada enam bulan pertama bayi kalau bayi disusui secara eksklusif. Tapi, orang yang hamil saat menyusui lebih mungkin mempunyai anak kembar daripada orang yang tak menyusui.

Program hamil kembar secara alami

Ada beberapa langkah untuk hamil kembar secara alami, walaupun kemungkinannya tak sebanyak dengan prosedur medis seperti yang dibahas berikutnya. Berikut cara-cara yang dapat dilakukan apabila Bunda mau program hamil anak kembar secara alami, dikutip dari Mom Junction:

1. Hentikan pil KB setahun sebelumnya

Ketika berhenti minum obat KB, tubuh membutuhkan waktu untuk menemukan ritme alaminya. Satu laporan studi menyatakan bahwa ada kemungkinan untuk hamil anak kembar dalam waktu satu tahun setelah menghentikan kontrasepsi oral.

2. Suami konsumsi makanan kaya seng

Seng atau zinc dikenal untuk meningkatkan tingkat sperma. Makanan seperti biji labu, daging domba, kacang hijau, dan yogurt yang kaya akan seng diyakini dapat meningkatkan kemungkinan membuahi lebih dari satu sel telur.

3. Memiliki jarak antar kehamilan

Peluang untuk mengandung anak kembar mungkin lebih tinggi kalau  memiliki jarak yang cukup ideal di antara kehamilan.

4. Lakukan posisi seks tertentu

Meskipun diyakini bahwa beberapa posisi seks dapat membantu mencapai kehamilan kembar, tak ada penelitian ilmiah yang mendukung klaim tersebut. Namun, beberapa posisi yang diyakini dapat membantu Bunda mendapatkan anak kembar, berdasarkan kepercayaan dan mitos masyarakat, ialah sebagai berikut:

Doggy style Posisi berdiri Posisi misionaris Posisi masuk belakang

Bagaimana dengan program hamil kembar secara medis? Baca kelanjutannya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga reaksi Annisa Rahma dan suami saat pertama kali tahu hamil anak kembar dalam video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan

Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right