Positif Hamil tapi Keluar Darah Terus-menerus? Simak Penyebab dan Cara Mengatasinya

Trending 3 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Darah yang keluar saat hamil tentu bikin khawatir ya Bunda. Apalagi kalau darahnya keluar terus-menerus. Satu kekhawatiran yang muncul apakah ini tanda keguguran? Jika Bunda dinyatakan positif hamil tapi keluar darah lanjut menerus, ketahui penyebabnya dan langkah mengatasinya.

Ada banyak dalih bunda hamil mengalami pendarahan bagus itu yang berupa bercak maupun yang terus-menerus. Beberapa kondisi dapat saja serius, tapi yang lain belum tentu. Sebaiknya bumil menghubungi dokter atau bidan untuk mengetahui penyebab pendarahan dan sigap diobati. 

Bila positif hamil tapi keluar darah terus-menerus

Melansir laman ClevelandClinic, pendarahan dan bercak (pendarahan ringan) selama kehamilan itu berbeda. Bercak itu berupa tetesan darah di pakaian dalam.  Bercak selama kehamilan, terutama pada trimester pertama, biasanya tak terlalu mengkhawatirkan. 


Sedangkan pendarahan berupa aliran darah yang lebih banyak dari setetes di sana-sini. Jika bumil membutuhkan pembalut agar tak mengenai pakaian dalam, biasanya dianggap pendarahan. 

"Sebagian kasus terjadinya pendarahan di awal kehamilan umumnya tak berbahaya," ujar Alyssa Stephenson-Famy, M.D., spesialis kesehatan bunda dan janin dari University of Washington, Seattle. "Namun, bagaimana pun, keluarnya darah dapat juga merupakan gejala adanya komplikasi, jadi sebaiknya tak diremehkan," lanjutnya. 

Pendarahan yang normal seperti apa?

Bumil yang mengalami bercak di awal kehamilan (trimester pertama) itu normal, bukan tanda ada masalah serius. Tapi bumil tetap harus memberi tahu dokter atau bidan, apalagi kalau bumil tak percaya apakah itu bercak atau pendarahan. 

Jika darah yang keluar menyerupai darah menstruasi biasanya ini bukan merupakan gejala kehamilan. Pendarahan menstruasi itu aliran darahnya konsisten dan berlangsung selama beberapa hari. 

Bumil yang mengalami pendarahan ringan atau pendarahan yang berlangsung lebih dari 24 jam harus segera menghubungi dokter. Pendarahan tak selalu merupakan tanda bahwa ada sesuatu yang salah, tetapi pendarahan hebat atau pendarahan yang disertai rasa sakit dapat mengindikasikan adanya komplikasi.

Perdarahan saat hamil dapat terlihat berbeda pada setiap orang. Dokter biasanya akan menanyakan bumil untuk mengetahui seperti apa darah sehingga dapat mengevaluasi gejala.

Berikut hal-hal yang perlu bumil perhatikan kalau mengalami pendarahan:

Warna darah: Darah  mungkin berwarna coklat, merah muda, atau merah cerah. Konsistensi darah: Apakah halus, kental, atau encer? Apakah mengandung gumpalan? Jumlah darah: Apakah bumil memandang beberapa tetes? Atau apakah memenuhi pembalut?

Semua perincian ini dapat membantu dokter menentukan tingkat perawatan dan seberapa mendesak gejala bumil. Karena pendarahan bilamana saja dalam kehamilan dapat mengindikasikan adanya masalah.

Untuk mengetahui penyebab pendarahan dan langkah mengatasinya, klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 buah untuk mencegah pendarahan saat hamil:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right