Pernikahan Langgeng 31 Tahun, Michelle Obama Beri Wejangan untuk Pasangan Muda

Trending 2 months ago 14
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Michelle dan Barack Obama menikah sejak 1992, Bunda. Hingga kini, pernikahan yang sudah melangkah selama 31 tahun ini terlihat harmonis dan langgeng.

Sebagai pengacara dan penulis ternama, beberapa waktu yang lalu, Michelle Obama membagikan wejangan terkait pernikahan. Pesan-pesan tersebut ia sampaikan melalui kolom caption sebuah foto yang ia unggah di Instagram.

Sebagai pembuka, wanita kelahiran Chicago, 58 tahun silam ini membeberkan makna rumah baginya. Katanya, rumah yang ia miliki sebenanya hanya satu, merupakan keluarga.


"Sebagai orang dewasa, saya pernah tinggal di beberapa tempat. Tetapi sejauh yang saya ketahui, saya hanya mempunyai satu rumah yang sebenarnya. Rumahku ialah keluargaku. Rumah saya ialah Barrack," tuturnya, dikutip dari akun @michelleobama.

Lebih lanjut, Bunda dari Malia Ann Obama dan Natasha Obama ini mengatakan bahwa rumah tangganya tak sempurna. Ia juga berpesan agar pasangan muda dapat mempelajari hal tersebut, merupakan harus tumbuh serta berkembang bersama.

"Tapi inilah masalahnya, pernikahan kami tak pernah sempurna. Salah satu dari kita selalu membutuhkan lebih atau memberi lebih. Kita harus mau mendengarkan satu sama lain, dengan jujur dan tanpa sikap defensif. Hanya dengan begitu, kita dapat berkembang bersama," tuturnya.

Tak sampai di situ, Michelle juga mengingatkan agar kaum muda tak terlalu meromantisasi hubungan saat pacaran. Karena bagaimanapun, kita harus realistis dan siap denan perselihan dalam pernikahan.

"Selama bertahun-tahun, banyak anak muda bertanya kepada saya tentang pernikahan. Dan tanggapan saya biasanya seperti ini: Kamu harus mempersiapkan diri untuk perselisihan dan ketidaknyamanan yang berkepanjangan."

"Kamu harus belajar bagaimana membikin kompromi konkret sebagai individu. Meromantisasi suatu hubungan saat berkencan akan membawamu langsung ke kesulitan begitu menikah. Kamu tak dapat menutupi masalah saat tinggal bersama seseorang setiap hari," sambungnya.

Sebelum menutup wejangan, Michelle mewanti-wanti kaum muda nih, Bunda. Katanya, sebelum menikah, hendaknya lakukan percakapan dalam diri untuk meyakinkan pilihan.

"Jadi, anda harus bertanya pada diri sendiri: Apa yang anda coba dapatkan dari hubungan ini? Sudahkah anda benar-benar memikirkannya? Apakah anda menginginkan pernikahan atau hnaya menginginkan kemitraan seumur hidup," pesannya.

Baca kelanjutannya di halaman berikut ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen. 

Simak juga 6 masalah seks pasutri yang perlu dikonsultasikan dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]