Perkembangan Hamil 4 Bulan, Bunda Mulai Bisa Rasakan Pergerakan Janin

Trending 3 days ago 6
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Hamil 4 bulan menjadi momen lulus trimester pertama yang membahagiakan, Bunda. Laman Aboutkidshealth bahkan menyebutnya sebagai momen 'tenang' karena Bunda sukses melewati trimester pertama, dengan bertambah pengalaman yang paling luar biasa dari trimester kedua ialah merasakan gerakan bayi, Bunda. 

Dapat dikatakan, akhirnya! Bunda mempunyai bukti konkret bahwa Bunda benar-benar hamil. Kebanyakan wanita sangat senang saat merasakan gerakan tersebut.

Bunda dapat menikmati momen ini dengan memberi tahu orang-orang tentang kehamilan Bunda. Ayah dan personil keluarga lainnya menjadi lebih terlibat sejak saat ini, karena kehamilan juga terasa lebih 'nyata' bagi Bunda. 


Hamil 4 bulan

Lantas apa saja sih perubahan yang terjadi pada Bunda memasuki 4 bulan kehamilan ini? Juga bagaimana pergerakan janin mulai terasa? Yuk simak terus, Bunda. 

Perubahan fisik pada Bunda

Masih mengutip dari Aboutkidshealth, pada bulan keempat kehamilan, Bunda akan merasakan pakaian Bunda semakin ketat. Pada minggu ke 16, lingkar pinggang Bunda akan mulai menghilang.

Pada minggu ke 17, bagian atas rahim Bunda harus berada di tengah antara tulang kemaluan dan pusar. Agar leluasa dan nyaman, Bunda sudah harus mengenakan beberapa pakaian dan terusan yang lebih lenggang ya.

Pada masa ini, Bunda mungkin dapat merasakan gerakan Si Kecil. Ini akan dimulai sebagai emosi kupu-kupu di perut Bunda. Percaya atau tidak, Si Kecil akan terbentuk sempurna pada minggu ke 16.

Bulan ini, rahim Bunda akan mulai naik ke perut, sehingga frekuensi buang air mini Bunda akan berkurang. Mual yang Bunda alami, kalau tetap ada, semestinya juga berkurang. Jantung Bunda sekarang memompa darah 20 persen lebih banyak dari biasanya, untuk memasok oksigen yang dibutuhkan Si Kecil. 

Sementara menurut Healthline, usia kehamilan empat bulan identik dengan seremoni atas keberhasilan Bunda melewati trimester pertama, Bunda. Perubahan suasana hati lebih jarang terjadi pada trimester ini dibandingkan pada trimester pertama atau ketiga. Namun, seperti biasa, Bunda mungkin mengkhawatirkan hal-hal tertentu, seperti penampilan fisik Bunda yang semakin berubah.

Depresi jauh lebih jarang terjadi pada trimester kedua dibandingkan waktu lainnya selama kehamilan, Bunda. Depresi selama bulan-bulan ini biasanya terkait dengan memoar kecemasan atau peristiwa kehamilan, yang Bunda alami sebelumnya.

Disebabkan beberapa perubahan pada fisik Bunda, dapat dikatakan cukup wajar kalau Bunda merasa mempunyai tampilan yang sangat berbeda. Tidak perlu ketakutan, perubahan yang Bunda alami malah mengindikasikan perkembangan kehamilan yang bagus kok. 

Yuk, kita lanjutkan ke halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 14 karakteristik hamil yang jarang disadari.

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right