Penyebab dan Gejala Miom pada Rahim, Termasuk Haid yang Sangat Deras

Trending 2 months ago 18
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Volume darah haid yang sangat deras kerap dikaitkan dengan tanda adanya miom. Lalu benarkah demikian ya, Bunda?

Menurut Prof. Dr. dr. Andon Hestiantoro, Sp.OG-KFer, miom dalam Bahasa Latin disebut mioma uteri. Sementara dalam Bahasa Inggris disebut uterine fibroid.

Miom merupakan benjolan padat yang berasal dari otot polos rahim atau uterus. Benjolan ini dapat berubah sifat menjadi benjolan yang tadinya kecil, lampau menjadi semakin besar.


"Bentuk benjolan miom ialah padat. Benjolan miom dapat terjadi lebih dari satu di rahim atau uterus," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan Sub Endokrinologi & Menopouse (Gangguan Hormon & Berhentinya Haid) Paruh Waktu di RS Hermina Jatinegara ini kepada HaiBunda, belum lama ini.

Miom bersifat non-cancer, Bunda. Meski begitu, kondisi ini tetap bisa memengaruhi kesuburan dan menimbulkan dampak negatif saat haid.

Penyebab miom pada rahim

Sampai saat ini, dokter belum mengetahui secara niscaya penyebab miom pad rahim wanita. Namun, penelitian dan uji klinis kerap mengaitkan beberapa hal sebagai penyebabnya.

Berikut faktor-faktor yang dikaitkan dengan penyebab miom pada rahim:

1. Faktor hormon

Faktor hormon dikaitkan sebagai penyebab miom. Hormon yang dimaksud ialah hormon reproduksi, merupakan estrogen dan progesteron.

"Pada miom, stem cell atau sel punca berubah menjadi sel punca miom. Begitu berubah, sel akan sangat sensitif terhadap rangsangan dari hormon reproduksi, sehingga dapat tumbuh menjadi satu atau lebih benjolan, kemudian semakin menjadi besar," ujar Andon.

2. Faktor genetik

Faktor genetik juga disebut dapat memengaruhi sel punca. Faktor ini berhubungan dengan hormon reproduksi, Bunda.

Disebutkan pula, banyak fibroid mengandung perubahan gen yang berbeda dari sel otot rahim yang khas. Demikian seperti dikutip dari Mayo Clinic.

Miom umumnya terjadi pada wanita yang memasuki usia produktif atau subur. Gejala khasnya dapat terlihat dari volume haid yang sangat deras.

Simak penjelasan lengkapnya, di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 gejala yang membedakan kehamilan dan haid, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

program-kehamilan

Program Hamil Ketahui lebih jauh 30 hari perencanaan kehamilan. Cek Yuk arrow-right