Profil instastories

Pentingnya Mencuci Tangan Meskipun Sudah Menggunakan Masker Gas Saat Masa Pandemi COVID-19

WHO (World Health Organization) memang telah memperbaharui anjuran mereka mengenai kiat pencegahan infeksi virus corona, dan itu adalah dengan tetap menggunakan masker terlepas dari apakah orang tersebut sedang sakit atau tidak. Ini dilandasi dengan begitu banyaknya orang yang terinfeksi corona namun tidak menunjukkan gejala, sehingga meski ia tidak sedang merasa sakit, ia tetap bisa menularkan virus tersebut ke orang lain.

 

Adapun masker gas bisa digunakan untuk mencegah infeksi virus corona, tapi ini tidak lebih efektif ketimbang dengan metode lain, seperti penggunaan masker bedah, masker N95 atau masker kain.

 

Bagi petugas medis yang berhadapan langsung dengan pasien yang mungkin saja batuk, bersin atau bahkan muntah dihadapannya pada kondisi pasien yang tidak sadarkan diri, masker bedah, N95 dan masker kain tentu memiliki perbedaan perlindungan yang signifikan, tapi bagi orang awam untuk melakukan aktivitas sehari-hari di luar ruangan, sebenarnya masker kain yang sekarang dapat dengan mudah didapatkan atau dibuat sendiri pun sudah cukup.

 

Tapi bila Anda memang ingin menggunakan masker gas, perhatikan filternya. Sebab ada berbagai macam filter dari masker gas yang dapat memiliki tingkat kerapatan dan penyaringan yang berbeda-beda. Jika Anda kebetulan tidak memiliki filter, atau tingkat kerapatannya rendah, bukan tidak mungkin justru efektifitasnya lebih rendah dari masker kain.

 

Namun terlepas daripada itu, penggunaan masker sebenarnya tujuannya lebih untuk menghindari penularan dari droplet, yakni bulir-bulir uap air tak kasat mata yang keluar dari mulut ketika seseorang batuk, bersin atau berbicara.

 

Tapi penggunaan masker tidak melindungi Anda dari kemungkinan terinfeksi virus ini melalui jalur kontaminasi tangan. Sehingga Anda juga perlu memahami bahwa tetap penting menjaga kebersihan tangan dengan rutin mencuci tangan Anda dengan mengikuti langkah cuci tangan yang dianjurkan WHO sebelum menyentuh mata, hidung atau mulut Anda. Sekian, semoga bermanfaat.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS