Profil instastories

Penting nya Kesehatan Mental Untuk Hadapi Corona !

Bukan hal tabu lagi, fakta merebaknya corona virus yang setiap hari nya semakin banyak memakan korban, membuat masyarakat dunia dihantui ketakutan.

Dibayang-banyangi rasa takut akan kemungkinan-kemungkinan buruk yang mungkin terjadi jika harus menyandang status ODP atau PDP membuat masyarakat dunia – khusus nya Indonesia – menjadi begitu apatis dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Ditambah beban social dan ekonomi yang terasa semakin berat karena efek kebijakan pemerintah, membuat tak saedikit orang menderita stres berat karena merasa tak sanggup jika harus terus berdiam diri.

Tapi sadarkah kalian jika sikap seperti ini yang membuat tubuh menjadi rentan terpapar virus ?

Virus tidak menular lewat rasa takut !

Memang, Covid-19 hanya menular lewat cairan tubuh – atau dolpret yang terpercik saat penderita batuk atau bersin.

 

Lalu kenapa stres bisa membuat seseorang mudah terserang Corona virus ?

Faktanya ? stres memang mampu melemahkan kekebalan tubuh. Membuat tubuh lebih mudah terserang sakit, mulai dari sakit kepala, flu, bahkan hingga demam dan masalah pencarnaan.

Seperti hal nya yang diungkapkan psikiater asal New York, Gail Saltz. "Tubuh akan berkerja dua kali lebih aktif saat melawan stress."

Kondisi ini lah yang membuat system kekebalan tubuh menurun dan memunculkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari pencernaan, insomnia, hingga infeksi pernapasan atau jantung.

Begitupun dengan corona virus yang notabene nya menyerang system imun tubuh, membuat seseorang yang sedang stres lebih rentan terinveksi meski ia sedang tidak melakukan apapun atau pergi kemana pun.

"Kita tahu, tidak ada hidup yang bebas dari stres, tapi kuncinya adalah tahu mengatur stres tersebut," kata Saltz seperti mengutip Time, Selasa (14/3/2017).

salah satu strategi terbaik dalam mengendalikan stres, dengan mulai menjalankan hidup sehat. olahraga dipagi hari atau berjalan santai selama dua puluh menit perhari, ditambah menu makan sehat dan selalu berpikir positif adalah treatment terbaik dalam mengelola stres dalam hidup.

atau juga bisa dengan mulai menerapkan teknik bernafas yang tepat. dengan cara tarik fanas dalam-dalam lalu tahan dan lepaskan napas dalam beberapa hitungan.

"jangan juga remehkan kekuatan berbincang dengan teman atau pasangan. dengan berbicara, kita bisa membantu mengurangi stres dalam waktu cepat." kata Saltz lagi.

jadi untuk kalian yang masih merasa takut terpapar virus Corona. jangan stres ! tetap tenang dan jalani hidup dengan baik. pikiran positif dan hati yang bahagia, akan menjauhkan anda dari berbagai macam jenis penyakit.

tetap semangat Indonesia !

#dirumahAja

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS