Profil instastories

Penerapan gizi seimbang guna mencegah covid-19

Virus Corona kini tengah mewabah diberbagai belahan dunia termasuk Indonesia. Jumlah pasiennyapun semakin bertambah, karena penyebarannya tergolong cepat dan sulit dideteksi. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19.φ

Dalam upaya pencegahan COVID-19 diperlukan pertahanan tubuh yang optimal. Salah satunya dengan mengkonsumsi makanan gizi seimbang. Konsumsi gizi yang cukup sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh yang akan melindungi kita dari penyakit yang disebabkan oleh virus dan mencegah penyakit lainnya.

Gizi seimbang yaitu susunan pangan sehari-hari yang mengandung zat gizi dalam jenis dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan tubuh, dengan memperhatikan prinsip keanekaragaman pangan, aktifitas fisik, perilaku hidup bersih dan mempertahankan berat badan normal untuk mencegah masalah gizi.

Selain itu, untuk pertahanan tubuh terhadap virus harus memperhatikan vitamin&mineral yang mengandung vitamin A, B, C, D, E, asam lemak omega 3, selenium, zinc, besi dan tembaga.

Dengan mengkonsumsi aneka ragam bahan makanan maka kecukupan vitamin dan mineralpun dapat terpenuhi.

Masyarakat dianjurkan menerapkan pola makan teratur setiap hari dengan memenuhi prinsip gizi seimbang yang terdiri dari karbohidrat/ makanan pokok, protein hewani, protein nabati dan sayur-sayuran, serta buah-buahan yang bisa dijadikan cemilan sehat.

Adapun jumlah porsi makan gizi seimbang ini bisa dilihat dari Isi Piringku yaitu 2/3 dari 1/2 piring untuk karbohidrat (nasi, umbi-umbian, roti, gandum, mie, pasta, dll), 1/3 dari 1/2 piring untuk protein hewani dan nabati (ikan, daging ayam, daging sapi, telur, susu, tempe, tahu dan kacang-kacangan), 1/3 dari 1/2 piring untuk buah-buahan dan 2/3 dari 1/2 piring untuk sayur-sayuran (wortel, brokoli, timun, labu siam, tomat, dll).

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.