Profil instastories

Peach Blossom Casia Grapes

Peach Blossom Casia Grapes

By : Widia Purnamasari

 

 

Peach blossom atau yang disebut juga dengan casia grapes merupakan salah satu jenis warna dari anggur. Anggur ini berwarna kuning emas dengan rasa yang juicy, cukup manis dan tajam. Aromanya cukup menyenangkan dan tajam. Anggur jenis ini mempunyai nama yang lain seperti anggur casia, anggur osmanthus atau bahkan Kuei Hua Chen Chiew yang tergolong ke dalam minuman china.

Proses pembuatannya sendiri melibatkan fermentasi dari anggur. Setelah hasilnya jadi, disaring dan ditemukanlah warna kuning emas dari fermentasi tersebut. Bahannya merupakan campuran dari buah peach dan osmanthus blossom. Kadang-kadang dimaniskan, dihasilkan dari baijiu lemah dan dibumbui dengan bunga osmanthus yang manis. Setelah didapatkan perlakuan yang seperti itu, kemudian disuling namun biasanya memiliki kandungan alkohol kurang dari 20%.

Sementara bunga osmaranthus sendiri, terkadang dikaitkan dengan kayu manis, lakton bunga yang menanamkan rasa lebih mirip dengan aprikot dan buah persik. Waktu pembuatan adalah saat di mana bunga osmaranthus berbunga dengan harum yang semerbak, maka pilihan yang dipakai ialah pembuatan casia anggur yang merupakan pilihan anggur tradisional. Anggur ini digunakan sebagai campuran di pertengahan musim gugur atau Mooncake Festival.

Di dalam kisah yang lain, peach blossom atau casia anggur juga merupakan hadiah tradisional untuk ulang tahun di China. Hal ini berkaitan dengan nama anggur jenis ini, yaitu dari homofoni antara   yang berarti “long” dalam artian waktu berlalu. Casia anggur juga digunakan sebagai anggur obat tradisi dalam pengobatan herba tradisional di China. Hal ini karena berkaitan dengan fungsi bunga itu sendiri. Bunga osmaranthus manis tersebut dapat menyembuhkan seratus penyakit dan meningkatkan semangat.

Terlepas dari namanya, pohon Casia China tidak digunakan untuk membumbui anggur Casia. Referensi ke Osmaranthus dalam sastra dan puisi China sering diterjemahkan sebagai “casia” karena kedua pohon itu sebelumnya dikenal di China.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.