Pandan Wangi, Manfaatnya untuk Kesehatan hingga Pelengkap Masakan

Trending 2 months ago 16
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sebagian besar Bunda yang kegemaran memasak mungkin sudah tak asing lagi dengan pandan wangi. Tanaman yang satu ini tak hanya mempunyai bentuk yang ayu untuk menambah nilai estetika rumah, tetapi juga bermanfaat untuk membantu Bunda membikin hidangan di dapur.

Pandan wangi ialah salah satu tanaman yang dibudidayakan di Asia Tengara, India, hingga Sri Lanka. Daunnya yang tetap muda dapat ditambahkan ke dalam masakan untuk memberikan aroma manis dan sebagai pewarna hijau pada makanan.

Kebanyakan daun ini ditambahkan untuk nasi kukus, hidangan kari, dan makanan penutup, terutama masakan yang menggunakan santan.


Namun, tak hanya itu saja, daun pandan wangi juga sering digunakan sebagai obat tradisional di beberapa daerah. Tanaman ini dapat menyembuhkan beberapa macam penyakit, lho, Bunda.

Manfaat daun pandan wangi

Meski tak banyak penelitian ilmiah tentang faedah kesehatan daun pandan, buah, bunga, akar, dan minyaknya, tanaman ini telah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional hingga penyedap rasa, lho.

Simak deretan manfaatnya berikut ini, ya, Bunda.

1. Dapat mengurangi nyeri radang sendi

Melansir dari laman Healthline, dalam pengobatan Ayurveda, minyak kelapa yang diinfuskan dengan daun pandan dioleskan untuk meredakan nyeri radang sendi. Efeknya diduga berasal dari minyak yang ditemukan di daunnya, yang mungkin mempunyai dampak anti-inflamasi.

2. Dapat meningkatkan kesehatan mulut

Mengunyah daun pandan dapat menyegarkan napas karena aromanya yang menyenangkan. Meski demikian, dampak ini tetap perlu dipelajari lebih lanjut.

3. Dapat digunakan dalam makanan

Daunnya sering digunakan untuk membumbui makanan penutup, minuman, dan hidangan gurih. Saat daun pandan wangi direbus, ini menghasilkan pewarna hijau zamrud yang dapat digunakan untuk mewarnai makanan, lho, Bunda.

4. Dapat mengobati infeksi saluran kemih

Pandan wangi merupakan diuretik alami dan dapat digunakan untuk membantu Bunda mengobati infeksi saluran kemih.

Jika mau memelihara tanaman yang satu ini, Bunda juga perlu memperhatikan beberapa hal saat menanam dan merawatnya. Untuk membantu Bunda mencari tahu bagaimana caranya, yuk, simak halaman selanjutnya, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 7 tanaman yang dapat bikin sejuk ruangan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]