Profil instastories

One Piece: Tak Banyak yang Sadar! Inilah Fakta Jiwa Kepemimpinan Sanji

Monkey D. Luffy merupakan kapten dari kelompok bajak laut topi jerami, dan juga merupakan tokoh protagonis utama dalam seri One Piece. Dengan kekuatan dan kemampuan yang dia miliki, wajar kalau dia kemudian menjadi salah satu kapten bajak laut terkuat dalam seri ini. Banyak yang beranggapan kalau Luffy merupakan contoh dari sosok pemimpin yang tegas dan baik.

 

Tapi, disadari atau tidak ada juga anggota kru topi jerami lainnya yang memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Dia adalah Vinsmoke Sanji. Setiap kapten butuh seorang wakil kapten, tujuannya adalah untuk menyeimbangkan emosi dan tetap memimpin kelompok tersebut pada tujuan mereka dan kemenangan. Dan Sanji ternyata selama ini sudah memperlihatkan sikap sebagai seorang wakil kapten yang baik – bahkan dibandingkan dengan Zoro.

 

Sanji Sebagai Wakil Kapten

Ada beberapa contoh saat Sanji memperlihatkan skill kepemimpinannya. Pertama adalah ketika Sanji mengatakan kepada Usopp kalau dia bisa melakukan apa yang orang lain tidak bisa. Hal itu tentunya bisa membangkitkan moral dari Usopp. Kemudian ketika Sanji menenangkan Luffy yang emosi, karena Usopp memiliki pemikiran yang tidak sejalan dengannya.

 

Sanji juga bisa menenangkan dan menjelaskan situasi yang mereka hadapi dengan tenang dan jelas, tanpa menambah kepanikan. Hal ini tentunya dibutuhkan untuk membuat kru yang lain memiliki pemikiran serupa. Berbeda dengan Luffy yang cenderung ceroboh dan gegabah. Dia juga melakukan itu kepada Vivi, Shirahoshi, dan intinya ada banyak momen ya ng menunjukan sisi kepemimpinan dari Sanji yang nyatanya terlewat oleh banyak orang.

 

Secara hirarki atau struktur kepemimpinan, terkadang wakil kapten harus mengisi posisi sang kapten dalam beberapa kesempatan atau momen. Wakil kapten juga memiliki posisi satu tingkat di atas anggota lainnya, jadi mereka juga harus tetap menghormati dan mengikuti perintah atau instruksi dari wakil kapten.

 

Hal ini juga pernah dilakukan oleh Sanji, dimana dia mengambil alih situasi dan kepemimpinan ketika Luffy absen atau tidak ada ditempat. Ada banyak juga momen dimana Sanji memperlihatkan kemampuannya mengatasi situasi ketika Luffy tidak ada di tempat. Yang pasti adalah Sanji bisa menjadi pengganti posisi Luffy dan hal ini dihormati oleh kru lainnya, bahkan Zoro yang merupakan “rivalnya.”

 

Kekuatan Sanji

Kekuatan dari Sanji memang selalu berada dibawah bayang-bayang Zoro dan Luffy. Luffy dan Zoro sering kali disebut monster dan memiliki kemampuan diatas kru yang lain. Memang, jika berbicara fakta di lapangan kekuatan Sanji sangat jauh berbeda dengan Luffy dibandingkan Luffy dengan Zoro yang jaraknya tidak terlalu jauh. Tapi, Sanji tidaklah selemah itu.

 

Ada beberapa buktinya, misalnya ketika Zoro gak mampu melawan salah satu tangan kanan Arlong, maka Sanji yang turun tangan. Dia juga mampu mengalahkan salah satu anggota CP9 yang gak mampu dihadapi oleh Usopp. Meskipun kekuatannya gak sehebat dan sebesar Luffy atau Zoro, dia memiliki ketenangan dan beberapa hal lainnya yang gak dimiliki keduanya.

 

Hubungan Baik Dengan Kapten

Zoro mungkin memiliki kekuatan yang gak jauh berbeda dengan Luffy, dibandingkan dengan Sanji. Tapi, hubungan antara Sanji dan Luffy jauh lebih dalam dibandingkan Zoro. Luffy terkesan “membiarkan” apapun yang ingin dilakukan oleh Zoro, karena Zoro pun tidak ingin terlalu terikat dengan aturan atau apapun itu. Lain halnya dengan Sanji.

 

Dia selalu berkoordinasi dan berdiskusi tentang banyak hal dengan Luffy. Luffy dan Sanji juga sering bertarung bersama melawan beberapa musuh, misalnya saat melawan Wapol, monster sapi laut, Satori, dan yang lainnya. Sanji juga adalah orang yang melindungi Luffy, ketika dia akan diserang oleh angkatan laut ketika berada di pelelangan yang ada di Sabaody.

 

Whole Cake Island Jadi Puncak Hubungan Luffy Dan Sanji

Sanji rela melakukan apapun untuk melindungi Luffy dan yang lain. Contohnya adalah ketika dia berusaha untuk menjauh dan membuat Luffy mana dengan menerima lamaran Big Mom, untuk menikahkannya dengan Salah satu putrinya. Hal itu semata-mata demi melindungi orang-orang yang dia cintai, termasuk Luffy. Dan Luffy pun menunjukan hal yang sama, dimana dia rela kelaparan dan kelelahan karena dia gak mau memakan masakan yang lain selain masakan Sanji.

 

Yang lebih mengharukan lagi adalah dalam salah satu momen, Luffy sempat mengatakan kepada Sanji kalau dia gak bisa menjadi raja bajak laut tanpa bantuannya. Hubungan erat inilah yang membuat Sanji rasanya pantas untuk menjadi wakil kapten dari kru topi jerami, terlepas dari banyak orang yang lebih memilih Zoro dibanding Sanji. Bahkan, Zoro disebutkan mirip sepertii Rayleigh.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait