Profil instastories

Musim hujan rawan banjir, berikut penyebab dan cara pencegahannya

Banjir merupakan salah satu bencara yang rawan terjadi di Indonesia, jika berbicara banjir, maka banjir adalah sebuah volume air yang sangat besar yang menggenangi suatu wilayah, dan juga merupakan suatu kondisi yang menyebabkan terendamnya wilayah tertentu. Sehingga, terkadang sungai, danau dan laut tak dapat menampung nya lagi. 

Berikut adalah beberapa penyebab terjadinya banjir yang jangan sampai dilupakan oleh masyarakat :

1. Membuang sampah sembarangan hingga membuat saluran air macet 

 

Membuang sampah tidak pada tempatnya, terkadang merupakan hal sepele yang sering dilakukan oleh setiap orang, namun jika banyak orang yang terus menyepelekan hal tersebut, maka dampak yang terjadi adalah macet nya saluran air yang mengakibatkan air meluap dan tidak dapat tertampung lagi, sehingga terjadilah banjir yang membawa dampak negatif dan kerugian bagi masyarakat itu sendiri.

2.  Penebangan hutan secara liar hingga membuat hutan gundul 

Penebangan hutan secara liar tanpa adanya tebang pilih dan reboisasi akan menyebabkan hutan menjadi gundul  dan gersang, selain itu akibat dari penebangan hutan secara liar,akar pohon yang berfungsi untuk menyerap air pun akan hilang, sehingga mudah memancing terjadi nya bajir, akibat tidak adanya perlindungan pohon untuk dapat menyerap air. 

3. Daerah yang datarannya rendah 

Masyarakat yang tinggal di dataran rendah tentu akan mudah terkena bajir dari pada masyarakat yang hidup pada dataran yang lebih tinggi, karena air akan mengalir dari dataran tinggi menuju dataran yang rendah sehingga banjir akan rentan terjadi. 

4. Curah hujan yang tinggi 

Suatu daerah dengan curah hujan yang cukup tinggi, ataupun hujan yang berlarut-larut tentu akan menjadi daerah yang rawan berpotensi banjir, terus pada daerah yang datarannya lebih rendah maka banjir pun akan lebih rawan lagi terjadi.

5. Bendungan yang jebol 

Akibat bendungan yang jebol tentunya memicu air untuk meluap dan menyebabkan banjir, dan hal ini sering terjadi pada lingkungan yang tidak terawat kelestarian nya, dan membuat daerah yang ada disekitarnya rawan terkena banjir. 

Selain adanya penyebab, tentu ada cara pencegahan sebelum banjir terjadi :

1.  Buanglah sampah pada tempatnya, jangan sampai membuang sembarangan atau membuang ke kali. 

2. Melakukan penghijauan hutan (reboisasi) 

3. Menata kembali aliran sungai sesuai dengan fungsinya 

4. Membangun sistem pemantau terjadinya bencara banjir terutama pada daerah-daerah yang rawan banjir. 

5. Melestarikan alam dengan menjaga dengan sebaik-baiknya. 

Banjir yang sering menjadi problema

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.