Mengenal Beragam Istilah dalam Pemeriksaan USG Kehamilan, Temasuk AC

Trending 3 days ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Untuk memastikan kehamilan melangkah normal dan sehat, Bunda mengetahuinya melalui pemeriksaan ultrasonografi atau USG ya. Tidak hanya bisa menampilkan perkembangan janin, USG bahkan dinyatakan dapat mendiagnosis beberapa kelainan pada janin. 

Melansir ulasan Glowm, pemeriksaan USG setidaknya mencakup informasi tentang jumlah janin, presentasi, biometri, plasentasi, volume cairan, dan anatomi, dengan dokumentasi gambar yang dapat Bunda pantau dari layar. 

Untuk itu, Bunda perlu memahami beberapa istilah umum dalam pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi Si Kecil di dalam rahim. Apa sajakah itu? Yuk kita lanjutkan, Bunda. 


Berbagai istilah pada USG, termasuk AC

Mengutip penjelasan Betterhealth, Bunda hamil sangat disarankan melakukan USG di tiap trimester dengan penjelasan sebagai berikut:

1. Trimester 1

USG yang dilakukan dalam 3 bulan pertama kehamilan biasanya digunakan untuk memeriksa apakah embrio berkembang di dalam rahim (bukan di dalam tuba fallopi, misalnya), memastikan jumlah embrio, dan menghitung usia kehamilan dan usia janin. 

2. Trimester 2

Pada trimester kedua ini, yang dilakukan antara minggu ke 18 dan 20 digunakan untuk memeriksa perkembangan struktur janin seperti tulang belakang, tungkai, otak, dan organ dalam. Ukuran dan letak plasenta juga diperiksa. Bunda juga dapat memandang jenis kelamin Si Kecil apabila menghendakinya ya. 

3. Trimester 3

Ultrasonografi yang dilakukan setelah 30 minggu digunakan untuk memeriksa apakah bayi lanjut tumbuh dengan kecepatan normal. Lokasi plasenta diperiksa untuk memastikan tak menghalangi serviks. 

Inilah kenapa dikatakan krusial agar Bunda melakukan USG selama kehamilan. Selain untuk memeriksa perkembangan bayi dan untuk membantu menemukan kelainan apa pun seperti down syndrome. 

Pemindaian ultrasound tak 100 persen akurat, tetapi keuntungan dari tes ini ialah non-invasif, tak menyakitkan, dan kondusif untuk bunda dan bayi yang belum lahir. Terdapat beberapa jenis USG dengan tujuan memudahkan Bunda mengetahui hasilnya. 

ilustrasi hamil USGilustrasi hamil USG/ Foto: iStock

Jenis-jenis USG

Melansir dari Healthline, Bunda juga dapat melakukan beberapa jenis USG sebagai berikut:

1. USG 2D

USG 2D (dimensi) ialah jenis pemeriksaan ultrasound yang paling klasik. Hasil USG 2D ialah gambar hitam putih yang memperlihatkan kondisi janin, Bunda.


2. USG 3D

USG 3D lebih detail dalam memandang janin dibandingkan USG 2D. USG ini bahkan dapat memandang fitur paras janin, seperti bibir, hidung, pipi, dan mata.

Pemindaian USG 3D menggunakan probe yang sedikit berbeda dengan 2D, terutama untuk mengambil banyak gambar pada bidang yang berbeda. USG ini juga menggunakan perangkat lunak spesifik untuk menghasilkan gambar.

3. USG 4D

USG 4D pada dasarnya ialah ultrasound 3D, namun dalam bentuk video bergerak. Melalui pemindaian USG ini, Bunda dapat memandang perubahan paras janin seperti paras tersenyum, cemberut, mengisap jempol, dan beberapa gerakan mini lainnya.

Yuk, klik halaman selanjutnya Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang bisakah usia kehamilan diprediksi melalui USG?

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right