Profil instastories

Perempuan di atas pematang.

MENCEGAH OBESITAS PADA ANAK REMAJA

Obesitas adalah akibat penumpukan lemak dalam tubuh yang sangat tinggi. Hal ini terjadi karena asupan kalori yang banyak dibandingkan aktivitas membakar kalori, sehingga kalori menumpuk dalam bentuk lemak. Jika hal tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama dan dibiarkan berlarut-larut, akan mengakibatkan Berat Badan berlebih dan akhirnya menjadi obesitas. Namun selain itu ada beberapa faktor penyebab obesitas yang lain seperti, Faktor keturunan atau genetik, kehamilan, kurang tidur, efek samping obat-obatan dan juga pertambahan usia.

Untuk mengetahui apakah tubuh kita masuk dalam kategori obesitas atau tidak, kita harus mengetahui terlebih dahulu indeks massa tubuh diatas 25. perhitungan tersebut diperoleh dari perbandingan Berat Badan (BB) dengan Tinngi Badan (TB). misalnya seorang anak sebut saja "A" BB 80 Kg dengan TB 150 Cm (1,5 mtr). Perhitungan IMT nya sebagai berikut :

80 : (1,5 X 1,5 ) 

80 : 2,25 

35,555

sementara batas ambang indeks massa tubuh sesuai informasi kemekes adalah :

Kurus : 17 - 18,4

Normal : 18,5 - 25

Gemuk : 25,1 -27

Obesitar : diatas 27

Ini berarti remaja tersebut mengalami obesitas karena indeks massa tubuhnya sebesar 35,5 atau 36. hasil ini kemudian di bandingkan dengan standar untuk  remaja seusianya  dengan tinggi badan dan jenis kelamin yang sama  pada usia 2 sampai 20 tahun.

Ada beberapa hal yang harus di lakukan oleh ornag tua yang memiliki  buah hati  dengan massa tubuh berlebih. Diantaranya:

  • Melakukan perubahan secara bertahap, secara perlahan-lahan ibu merubah gaya hidup menjadi pola hidup sehat. Tetapi jangan sampai memaksanya karena akan menimbulakn stress pada anak. Jangan menuntutnya harus joging dan membatasi makan, karena ketika dia sudah mencoba dan ternyata gagal, anak akan menolak untuk melanjutkan keiatan tersebut.
  • Terapkan Diet sehat, Jadikan sayur dan buah sebagai cemilan di rumah, jauhkan makan dan minuman manis, ganti dengan air putih atau susu rendah lemak.
  • Ajak anak untuk berolah raga bareng, Ajak anak untuk melakukan olahraga bareng yang menyenanghkan misalnya jogging di pagi hari, atau bersepeda dan berenang bersama di akhir pekan. 

Nah, bunda- bunda, jangan biarkan anak anda mengalami obesitas berlarut-larut. karena kan berpengaruh terhadap fisik dan mental anak. sangat penting untuk mengatasi fenomena ini sesegera mungkin. Agar kualitas hidup mereka tidak terganggu.

 

Tanete, Bulukumba, Sulawesi-sSelatan. Rumah Putih, 18 April 2020

 

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS