Profil instastories

Perempuan di atas pematang.

KIAT MENGEMBANGKAN BISNIS KECIL - KECILAN MENJADI BESAR

Kunci sukses seorang pengusaha adalah, kerja keras, pantang menyerah dan juga cerdas. Mengembangakan bisnis kecil menjadi besar itu bukanlah perkara yang mudah. Memulai usaha bukan karena ikut -ikutan atau karena  mengikuti trend. Tetapi lebih kepada tujuan dari usaha yang sementara akan kita jalankan. Pandai melihat peluang juga adalah salah satu cara agar usaha yang kita jalankan kelak tidak tutup usia sebelum waktunya.

Ada beberapa kiat dalam menjalankan usaha kecil, agar bisa menjadi besar dan sukses, mari kita intip kiat-kiat beriku :

  • Strategi bisnis, hal ini sangat diperlukan untuk memulai bisnis, tujuannya adalah untuk memudahkan kita dalam menentukan anggaran yang akan di keluarkan, juga sebagai acuan dalam pengembangan usaha serta tindakan apa saja yang diperlukan dalam menjalankan usaha tersebut.
  • Mengetahui harga pasar, cara ini berguna untuk menjaga jika saja tiba-tiba terjadi lonjakan harga. misalnya naik atau turun. Bukan itu saja, dengan mengetahui harga pasar kita bisa dengan mudah menentukan harga produk kita.
  • Menghemat anggaran operasional, hal ini bertujuan untuk meminimalisir biaya operasional yang tidak terlalu penting.
  • Selalu siap dengan hal -hal yang tak terduga, apabila produk kita tidak sesuai dengan trend yang sedang berkembang, maka kita harus menyiapkan rencana lain untuk mengatasi hal-hal tak terduga tersebut.
  • Pelajari pesaing, dengan mengetahui para pesaing, kitya bisa dengan mudah menciptakan produk - produk baru. Tentunya kita bisa menjadi super aktif dalam menciptakan prodek, agar lebih baik dari pesaing.
  • Jangan menggabungkan uang pribadi dengan uang bisnis, tetap konsisten dalam mengelola keuangan. pisahkan antara uang pribadi anda dengan uang bisnis.

Dengan menerapkan beberapa tips pengembangan bisnis di atas, harapan tentang berkembangnya bisnis kita akan semakin terbuka lebar. yang terpenting, jangan batasi potensi pengembangan usaha hanya karena keterbatasan modal. banyak cara mendapatkan modal usaha yang terjangkau dan suku bunga tidak mencekik.  

Semoga kiat -kiat diatas bermanfaat, selamat mencoba.

 

Pustaka Rumput, Bulukumba, Sulawesi- Selatan. 20 April 2020

 

 

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.