Profil instastories

KIAT BERTAHAN HIDUP DALAM KONDISI SULIT

KIAT BERTAHAN HIDUP DALAM KONDISI SULIT

Hidup di zaman sekarang dimana kita sering menyebutnya sebagai era milenial, dimana kecanggihan tekhnologi sudah sedemikian rupa menyertai kehidupan manusia  sehingga kadang kecanggihan tekhnologi menjadi seperti dua sisi mata uang yang berbeda, satu sisi sangat mempermudah kehidupan dan sisi lainnya tidak sedikit dampak buruk yang ditimbulkannya.

Nah, ditengah kecanggihan zaman ini, sering muncul berbagai masaalah dalam kehidupan,  meningkatnya kebutuhan hidup, beban dan biaya hidup semakin banyak, persoalan-persoalan sosial ekonomi yang kadang tak terkendali hingga menimbulkan berbagai macam persoalan yang membuat jiwa terasa nelangsa, hati menjadi miris, dan stres yang tak terkendali, terutama dalam kondisi kita sekarang ini yang menghadapi ujian wabah penyakit. 

Maka ada dua aspek yang harus dibangun dan diperbaiki hingga kondisi dan keadaan diri kita tetap stabil, yaitu, aspek rohani dan jasmani. Nah, kita mulai dari :

ASPEK ROHANI

1. Tingkatkan ketaqwaan

    Dengan meningkatkan rasa taqwa kita kepada Tuhan, disaat kesulitan hidup melanda, maka kekuatan dalam diri akan berlipat,  bahwa apapun kondisi kita sekarang, ada Allah yang senantiasa melihat dan mendengar do,a-d,oa yang selalu kita panjatkan, karena do,a adalah senjatanya orang beriman. Do,a adalah kekuatan saat seseorang dihimpit putus asa,  dan yang terpenting dengan ketaqwaan yang kita tingkatkan menjadikan diri lebih memperbanyak ibadah dan mendekatkan diri kepaNya.

2. Syukur

   Bersyukur dengan segalah yang Tuhan berikan adalah bentuk pengabdian yang paling pribadi sifatnya, dengan mensyukuri segala pemberian Tuhan berarti kita memberikan ruang untuk datangnya nikmat lebih banyak dan bertambah, dengan bersyukur hati kita menjadi lapang, tak perlu memandang kehidupan orang lain yang kita anggap lebih baik dan beruntung karena pepatah mengatakan "Rumput di rumah tetangga selalu nampak lebih hijau" tetapi pandanglah dirimu bahwa kamu jauh lebih beruntug,  dalam pepatah mandar, para orang tua sering berkata pada anaknya, "Piitanaungo,o dapi,itadai anna,andangotitedzo."

3. Sabar dan ikhlas

   Sikap sabar dan bersabar dengan kondisi kita sekarang akan lebih memberikan kekuatan penuh serta lebih rileks sehingga hidup terasa lebih bermakmna dan yang terpenting selalu ada hikma dibalik setiap musibah dengan buah yang sangat manis sesuai dengan yang Allah janjikan  bahwa Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar. 

Kemudian dengan kesabaran itu kita ikhlas menjalaninya. Memang ikhlas dan sabar ini bukanlah perkara mudah untuk diterapkan karena ini menyangkut masaalah hati, dan hati itu mempunyai tempat yang sangat rahasia, sehingga keikhlasan  hati dan kesabaran Allah lebih mengetahuinya.

4. Tawakkal

   Berserah diri sepenuhnya atas segalah ketetapaNya, setelah kita berusaha dan berikhtiar penuh dengan segalah daya dan upaya yang dimiliki untuk merubah kita punya keadaan. Tawakkal ini merupakan sikap penyempurnaan penghambaan kita setelah semua upaya dilakukan. Maka kita berhak menunggu hasilnya.

ASPEK JASMANI ATAU MEMBANGUN DIRI

1. Tingkatkan keterampilan

    Hidup di zaman sekarang mendapatkan pekerjaan itu tidak mudah, apalagi persaingan hidup yang tajam ditambah dengan berbagai macam persoalan yang menyebabkan kita sulit mendapatkan pekerjaan,   olehnya itu jika sudah punya pekerjaan, apapun itu syukuri, yang penting pekerjaan itu halal dan menghasilkan. Kondisi sulit seperti sekarang, bahan-bahan kebutuhan pokok terus merangkak naik hingga kita pun dituntut untuk semakin berpenghasilan untuk bisa memenuhinya, terutama kita yang emak-emak dan remaja putri  ini yang telah menjadi bendahara rumah tangga, tingkatkanla keterampilan, asah kita punya kemampuan hingga keterampilan yang kita miliki bisa menambah penghasilan atau paling tidak berguna untuk diri sendiri dan keperluan anggota keluarga.

2. Hidup sederhana

   Terkadang kita menemukan kebaikan, kemewahan bahkan kebahagiaan pada hal-hal sederhana, Sederhana dalam menjalani hidup seperti berpakaian, berpenampilan dan segalah hal yang dilakukan termasuk saat melakukan acara-acara yang notabennya terkadang hanya menghambur-hamburkan uang, dengan hidup sederhana akan membantu kita untuk bisa mengelolah hidup lebih baik  ditengah kondisi kita sekarang ini.

3. Kreatif

   Menjadi orang yang kreatif sangat dibutuhkan sekarang ini, apalagi jika kita dalam kondisi sulit, kreatif dalam mengelolah hidup   hingga lebih bernilai, seperti pintar-pintar mengelolah lahan di pekarangan rumah sehingga punya nilai tambah di rumah, dengan menanami sayuran, cabe atau toga seperti yang sering dikampayekan para anggota pkk, dan banyak lagi sikap kreatif yang bisa meringankan kita punya beban keuangan ditengah kondisi sulit.

4. Punya rekayasa masa depan/agenda hidup

    Orang yang punya rekayasa masa depan atau agenda hidup tentu tidak akan sama cara hidupnya dengan orang yang tidak punya hal tersebut. Dengan mempunyai agenda hidup serta rekayasa masa depan akan menjadi pedal rem yang sangat beguna untuk mengendalikan kita punya diri yang sering tak bisa melihat hal-hal baru dan keinginan untuk segera ikut memilikinya, sehingga tidak bisa membedakan mana kebutuhan dan mana keinginan. 

Nb. 

Menasehati diri sendiri, bukan menggurui, da da da ....!

   

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 8, 2020, 1:15 PM - Annisa mahmudah
Jul 6, 2020, 10:20 PM - Chocho_Yucho
Jul 3, 2020, 6:34 PM - Tjahjono widarmanto
Jul 3, 2020, 6:26 PM - Nnaga
Jul 3, 2020, 1:07 PM - Kristina Dai Laba
Jul 2, 2020, 2:25 PM - Mei Elisabet Sibarani