Ketahui 4 Peran Penting Usus dalam Tubuh Manusia, Termasuk Mengirim Sinyal ke Otak

Trending 3 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Tubuh orang mempunyai berbagai macam organ yang harus dijaga kesehatannya, Bunda. Salah satu organ krusial ialah usus.

Usus merupakan tabung panjang yang lanjut mengalir dari perut ke anus. Untuk Bunda yang belum tahu, sebagian besar penyerapan nutrisi dan air terjadi pada organ ini, lho.

Usus sendiri terbagi menjadi beberapa bagian. Di antara ialah usus kecil, usus besar, dan rektum.


Usus mini panjangnya sekeliling 20 kaki atau sekeliling 6 meter dengan diameter sekeliling 1 inci. Tugas usus mini sendiri untuk menyerap sebagian besar nutrisi dari apa yang sudah Bunda makan dan minum.

Sementara itu, usus besar mempunyai panjang sekeliling 5 kaki atau 152 cm dengan diameter 3 inci. Usus besar bertugas untuk menyerap air dari limbah kemudian menciptakan feses atau tinja. Saat memasuki rektum, saraf akan menciptakan dorongan untuk buang air besar.

Ni Putu Desy Aryantini S.Km., M.AFH., PHD menjelaskan bahwa usus mempunyai peran krusial dalam tubuh yang tak dapat diabaikan, Bunda.

Peran usus dalam tubuh manusia

Penasaran dengan peran krusial usus dalam tubuh? Berikut ini Bubun bantu rangkumkan deretannya berdasarkan penjelasan dari Ni Putu Desi.

1. Penyerapan cairan dan nutrisi

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, usus mempunyai peran utama untuk membantu pencernaan makanan di dalam tubuh. Tak hanya itu, usus juga akan menyebar dan mendistribusikan nutrisi yang sudah diserap ke seluruh tubuh.

"Usus membantu makanan yang kita cerna itu dapat terdistribusi dari ujung kepala tiba ujung kaki. Jadi kita tak akan sakit," ungkap Ni Putu Desy dalam acara Coacing Clinics KidZania x Yakult: Mengoptimalkan Daya Tahan Tubuh dengan Probiotik untuk Menjaga Kesehatan, Kamis (24/11/2022).

Kira-kira apa lagi peran krusial usus dalam tubuh ya, Bunda? Simak selengkapnya di laman berikutnya!

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video fakta atau mitos makan cabai bikin usus buntu berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]