Profil instastories

Kesehatan Reproduksi

MENSTURASI

Ada banyak masalah yang dapat dialami oleh sebagian besar wanita di dunia. Baik itu remaja, dewasa, sampai lansia. Hal itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti hormon maupun faktor psiologi yang terjadi pada tubuhnya. Kali ini kita akan bahas mengenai hal yang akan dialami oleh setiap wanita yaitu mensturasi. Seorang wanita akan memulai siklus mensturasi sejak usia 12-15 tahun. Hal ini biasanya terjadi antara 2-3 tahun setelah payudara tumbuh. Mensturasi akan terus berlangsung setiap bulannya hingga manepose nanti sekitar usia 40 tahun keatas. Setiap wanita akan mengalami manepose pada waktu yang berbeda hal ini dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu hormon dan gaya hidup. Bagi adek-adek yang temannya sudah mensturasi tapi adek belum, kalian tidak perlu khawatir dulu karena setiap orang mempunyai kondisi tubuh yang berbeda. Jika sudah lebih dari 15 tahun belum mendapatkan mensturasi sebaiknya periksakan diri ke dokter.

Mensturasi terjadi karena setiap bulannya ovum akan dilepaskan oleh rahim yang biasa disebut ovulasi. Disaat yang sama  hormon estrogen dalam tubuh akan meningkat  untuk mempersiapkan kemungkinan  kehamilan. Dinding rahim akan menebal. jika tidak dibuahi, sel telur akan diserap oleh tubuh dan dinding rahim yang menebal akan luruh, kemudian mengalir keluar dari tubuh bercampur dengan darah melalui vagina. Nah darah itulah yang disebut dengan mensturasi. Jadi bagi kalian yang belum pernah mengalami mensturasi, kalian jangan kaget jika nanti tiba-tiba di cd kalian terdapat darah karena bisa jadi itu adalah darah mensturasi dan itu menandakan jika kalian sudah baligh.

Mensturasi biasanya terjadi antara 5-7 hari tetapi ada juga sebagian wanita yang memiliki waktu mensturasi lebih lama maupun lebih sebentar hal itu bergantung pada kondisi tubuh wanita tersebut. Volume darah terbanyak biasanya terjadi pada hari pertama dan kedua saat mensturasi. Adapun tanda dan gejala mensturasi yang akan kalian alamiantara lain seperti sakit perut bagian bawah, terasa nyeri pada payudara, emosi tidak stabil, lelah, perubahan nafsu makan dan masih banyak lagi. Tapi anda tidak perlu khawatir karena itu merupakan suatu hal yang wajar karena ini disebabkan oleh faktor hormonal yang ada dalam tubuh kalian.

Bagaimana apakah sudah ada sedikit gambaran mengenai mensturasi? Untuk bahasannya kali ini kita bahas mengenai apa itu mensturasi dan gejala yang kemungkinananya terjadi, masih ada banyak bahasan mengenai mensturasi, dan akan dibahas di tulisan berikutnya

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments
Yuli Nurpadilah123 - Apr 21, 2020, 12:00 PM - Add Reply

Kak mau tanya jika faktor apa yang menyebabkan mentruasi tidak teratur? Dan penyebab apa? Dan bagaimana cara mengatasi nya?..

You must be logged in to post a comment.

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS