Kenali Cara Bedong Bayi yang Benar: Waktu Pemakaian, Manfaat Membedong

Trending 4 days ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Saat baru lahir, bayi dibersihkan dan Bunda akan memandang Si Kecil diberikan kepada Bunda dalam bedong yang nyaman. Seluruh tubuh mungilnya dibalut kain bedong dengan hanya kepala kecilnya terlihat.

Cara membedong ini membikin bayi baru lahir merasa hangat dan nyaman seperti di dalam kandungan lho, Bunda. Lantas bagaimana langkah membedong bayi yang benar dan apa manfaatnya? 
 
Bedong membantu bayi merasa kondusif dan terlindungi saat ia menyesuaikan diri dengan kehidupan di luar rahim. Selain itu, membedong bayi dapat membantu mencegahnya mengayun-ayunkan lengan dan kakinya, yang dapat memicu refleks kagetnya dan berpotensi membuatnya terbangun.

Singkatnya, ada banyak dalih membedong bayi baru lahir. Beberapa rumah sakit bahkan mengajarkan pada orang uzur baru langkah membedong bayi yang benar.


Cara agar bayi merasa nyaman dan hangat tanpa menimbulkan permasalahan pada bayi seperti susah beralih dan bernapas karena dibedong terlalu erat.

"Bedong yang kondusif adalah cukup ketat untuk menahan personil tubuh bayi dan memberi mereka pengurungan yang nyaman, tetapi tak terlalu ketat sehingga mereka dapat ruang untuk menendang kaki mereka atau tak membikin sirkulasi udara terputus sehingga pengap," kata Tina Feeley dokter anak yang berbasis di Chestnut Hill, Massachusetts, Amerika Serikat dikutip dari laman What to Expect.

Nah, kalau Bunda sedang mencari tahu langkah bedong bayi yang benar, beberapa panduan langkah demi langkah tentang langkah membedong bayi baru lahir dapat diaplikasikan. Hal ini agar bayi merasa nyaman dan aman. 

Cara membedong bayi yang benar

Di awalnya akan terlihat susah dan menakutkan, karena tubuh bayi yang begitu mungil dan rentan. Namun, membedong bayi bukanlah hal yang menakutkan seperti yang Bunda kira. Hanya perlu keterampilan yang pas dan langkah yang benar. 

Berikut langkah membedong bayi dengan benar yang dilansir dari laman What to Expect. 

Langkah 1: Temukan permukaan yang rata

Bentangkan kain bedong bayi dalam bentuk seperti berlian dengan dua sudutnya ke atas dan bawah. Lalu lipat perspektif atas ke bawah separuh bagian. 

Langkah 2: Letakkan bayi menghadap ke atas di atas bedong

Tempatkan kepala bayi di tepi perspektif bagian atas bedong yang sudah dilipat. Pastikan tubuhnya menjulur lurus ke bawah menuju perspektif bawah.

Langkah 3: Luruskan lengan kiri bayi

Kemudian ambil sisi kiri kain bedong dan lilitkan di lengan dan dada kirinya. Selipkan kain bedong ini di bawah lengan kanan dan punggungnya. Pada tahap ini lengan kiri bayi Bunda akan tertutup tetapi lengan kanannya akan bebas.

Langkah 4: Rapikan bagian kanan

Luruskan lengan kanan bayi dan tarik sisi kanan kain bedong menutupi tubuhnya dan selipkan di bawah sisi kiri bayi.

Langkah 5: Putar kain bedong

Putar bagian bawah kain bedong dengan lenggang dan selipkan di bawah bayi. Nah, kini Si Kecil sudah berada dalam balutan bedong yang nyaman. 

Simak penjelasan lain di halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video langkah menggendong bayi yang kondusif dan nyaman berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak

Anak Usia 0-6 Bulan Ketahui lebih jauh perkembangan anak 0-6 bulan. Cek Yuk arrow-right