Profil instastories

Kelompok Fungi

Kelompok Fungi

By : Widia Purnamasari

 

Fungi adalah mikroorganisme eukariotik heterotrof, tidak berklorofil, berbentuk hifa atau sel tunggal, berdinding sel dari kitin atau selulosa, bereproduksi secara seksual dan aseksual. Sebagian besar tubuh fungi terdiri dari benang-benang hifa, yang saling berhubungan membentuk jala, yaitu miselium. Miselium dapat dibedakan menjadi miselium vegetative berfungsi menyerap nutrisi dan miselium fertile yang menghasilkan spora berfungsi dalam reproduksi.

Khamir/Yeast merupakan Fungi single cell/uniseluler, tidak berfilamen tetapi kadang dapat membentuk hifa semu/pseudohifa.berbentuk ovoid atau spheroid (bulat), memiliki koloni halus mirip koloni bakteri, ukuran bervariasi dengan diameter 3-15 µm. Reproduksi aseksual umumnya dengan budding (tunas), walaupun ada yang binnary fission. Pada kelompok Ascomycota, reproduksi secara seksual menghasilkan askospora melalui konjugasi dua sel atau konjugasi dua askospora yang menghasilkan sel anakan kecil. Jumlah spora dalam askus bervariasi tergantung macam khamirnya. Beberapa yeast menghasilkan warna merah, orange, kuning, pigmen karotin. Khamir ada yang bermanfaat ada pula yang membahayakan bagi manusia. Fermentasi khamir banyak digunakan dalam pembuatan roti, bir, wine, vinegar dan sebagainya. Khamir yang merugikan adalah yang menyebabkan kerusakan pada saurkraut, juice buah, sirup, molase, madu, jelly, daging dan sebagainya. Yang termasuk dalam khamir/yeast diantaranya yaitu Saccharomycess cereviceae, Rhodotorula, Candida.

Kapang/Mold merupakan fungi multieluler, mempunyai hyphae (single : hypha). Hifa sangat banyak dan saling bertumpukan membentuk massa yang disebut mycelia (single : mycelium). Contoh : Rhizopus stolonifer, Aspergillus niger, Penicillium, Fusarium, dll.

Mushroom adalah fungi atau cendawan dari kelompok Basidiomycota yang mempunyai tubuh buah / fruiting body. Basidiocarp/tubuh buah/Fruiting body merupakan bagian dari alat reproduksi fungi seksual dengan menghasilkan spora. Reproduksi seksual terjadi melalui perkawinan antara hifa yang berbeda jenis menghasilkan spora seksual yaitu basidiospora yang terletak pada kantung basidium. Reproduksi aseksual yaitu dengan membentuk spora konidia. Tubuh buah (basidiocarp) mudah dilihat mata, dengan bentuk piala (Cyatus), kuping (Auricula), payung dan memiliki pembungkus (Volvariella), kulit mengkilat (Ganoderma), dll. Mushroom bisa hidup pada banyak substrat tanah, tanaman tinggi, semak, tanaman mati. Mushroom meliputi Agaricus sp., Lentinula sp.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.