Kapan Pasutri Boleh Berhubungan Seks setelah Operasi Caesar?

Trending 2 months ago 14
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Berhubungan seks setelah operasi caesar tentu tak dapat langsung dilakukan ya. Bunda dan Ayah tetap harus menunggu selama beberapa waktu sama halnya kalau melahirkan pervaginam. Namun, bilamana waktu terbaiknya?

Dalam operasi caesar, dokter membikin sayatan di perutnya, bukan melalui vagina. Bunda juga tetap mendapatkan nifas. 

Beberapa orang percaya bunda yang melahirkan melalui operasi tak akan mengalami pendarahan vagina pasca melahirkan alias nifas. Padahal darah pasca persalinan itu berasal dari dalam rahim, di tempat plasenta berada.


Jadi setiap orang yang melahirkan akan mengalami pendarahan pasca persalinan, terlepas dari bagaimana mereka melahirkan.

Berhubungan seks setelah operasi caesar 

Valinda Riggins Nwadike, MD, MPH, dokter pakar kebidanan dan ginekolog bersertifikat mengatakan bahwa sebenarnya tak ada waktu standar yang harus ditunggu wanita sebelum melakukan hubungan seksual setelah caesar. Cara terbaik dengan menunggu tiba dokter mengatakan aman.

"Kebanyakan wanita mendapatkan persetujuan dari dokter pada pemeriksaan 6 minggu pasca kelahiran mereka dan dapat memilih untuk mulai berhubungan seks setelah ini," kata Nwadike dikutip dari Medical News Today.

Dalam sebuah studi 2013 yang melibatkan lebih dari 1.500 wanita, 53 persen wanita mencoba aktivitas seksual dalam waktu 6 minggu setelah melahirkan. Dan dari wanita tersebut, 41 persen telah mencoba seks vaginal.

"Pemulihan setiap orang berbeda, dan kecepatannya mungkin bergantung pada apakah operasi caesar itu ekstensif atau tak direncanakan," ujarnya.

Namun, menurut, Nwadike, kebanyakan wanita yang menjalani operasi caesar memilih menunggu minimal 4-6 minggu untuk berhubungan seks karena wanita ini mengalami nyeri, pendarahan vagina, dan kelelahan setelah melahirkan.

Nwadike bilang, setelah dokter mengatakan Bunda kondusif untuk berhubungan seksual, mungkin tetap perlu melakukan beberapa tindakan pencegahan untuk mengurangi risiko komplikasi.

"Mungkin beberapa ada yang merasa sakit dan bengkak di sekeliling letak sayatan, dan kulit di sekitarnya mungkin terasa kencang atau meregang," katanya.

Saat luka sayatan sembuh, kata Nwadike, itu juga akan lebih mudah robek. Aktivitas berat, termasuk seks, merupakan yang dapat meningkatkan risiko terbukanya sayatan atau mengalami pembekuan darah. Selain itu, cobalah menghindari mengangkat sesuatu yang lebih berat dari bayi.

Kalau Bunda yang melahirkan caesar memandang memar yang berat di sepanjang dan di sekeliling letak sayatan, ini perlahan akan memudar dalam beberapa minggu setelah operasi.

Perut Bunda mungkin juga tetap terasa sangat sakit dan lunak selama beberapa minggu setelah meninggalkan rumah sakit.

Untuk mengetahui tips kondusif berhubungan seks usai melahirkan secara caesar dapat klik halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 5 tips berhubungan seks setelah operasi caesar.

[Gambas:Video Haibunda]