Kandungan Skincare yang Tak Boleh untuk Ibu Hamil, Hindari Turunan Vitamin A

Trending 3 months ago 16
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Perawatan kulit saat hamil sangat dibutuhkan ya, Bunda. Perawatan ini dapat mencegah masalah kulit jangka panjang yang disebabkan pengaruh hormonal saat hamil.

"Kalau bunda hamil nantinya akan diberikan suatu pengobatan atau treatment yang sesuai dengan tingkat kehamilannya, misalnya di trimester berapa? itu ada selektifitasnya untuk treatment," kata Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin, dr. Emil R. Fadly, Sp.KK, FINSDV, FAADV, dalam Live Instagram HaiBunda, beberapa waktu lalu.

Kandungan skincare yang tak kondusif untuk bumil

Skincare dapat menjadi pilihan treatment untuk mengatasi masalah kulit selama hamil. Tapi, tak seluruh kandungan skincare kondusif ya, Bunda.


Menurut Emil, skincare yang mengandung turunan vitamin A tak boleh diberikan pada bumil. Menurut studi empiris, produk turunan vitamin A dapat mengganggu perkembangan janin.

"Pada turunan vitamin A tak boleh, sudah ada penelitian mengganggu embrio perkembangan. Dari jurnal-jurnal ditemukan tak boleh, setelah dipakai dapat terjadi kelainan janin dan merusak perkembangan kromosom janin," ujar Emil.

Bahaya konsumsi turunan vitamin A

Kandungan skincare turunan vitamin A termasuk lebih agresif dibandingkan kandungan lain. Penggunaan skincare yang mengandung bahan ini dapat digunakan setelah Bunda selesai menyusui eksklusif Si Kecil. Tak hanya itu, Bunda yang sedang program hamil atau promil juga tak disarankan konsumsi turunan vitamin A.

"Turunan vitamin A yang tak dipakai ialah diminum, itu sifatnya di Indonesia tetap belum jelas. Kalau seandainya memakai itu biasanya perjanjian enam bulan tak hamil. Biasanya kalau ke dokter spesialis kulit, dia akan ditanya ada rencana punya anak atau tidak," ungkap Emil.

Penggunaan skincare perlu dikonsultasikan dulu ke dokter ya. Selain untuk mencegah paparan bahan berbahaya, dokter juga akan memberikan skincare sesuai kondisi kulit dan keluhan Bunda.

Bunda juga perlu memahami penyebab masalah kulit selama hamil ya. Hal tersebut guna mengantisipasi keparahan yang terjadi. Lalu apa penyebab masalah kulit saat hamil?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

[Gambas:Video Haibunda]