Kandungan Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil Berjerawat Menurut Dokter Kulit

Trending 3 months ago 14
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Jerawat ialah salah satu masalah kulit yang sering dialami para Bunda saat hamil. Kondisi ini biasanya muncul di awal kehamilan.

Pada beberapa bunda hamil atau bumil, jerawat di paras bahkan dapat muncul disepanjang kehamilan. Bila tak diatasi atau dicegah, masalah kulit ini dapat mengganggu penampilan tiba melahirkan.

Penyebab jerawat saat hamil

Melansir Web MD, penyebab utama jerawat saat hamil ialah meningkatnya kadar hormon di trimester pertama. Hormon kehamilan tersebut dapat meningkatkan produksi minyak alami di kulit.


Meski begitu, tak seluruh Bunda berisiko jerawatan saat hamil ya. Biasanya, risiko akan meningkat pada bunda hamil atau bumil yang mempunyai riwayat jerawat, terutama di awal siklus haidnya.

Jerawat saat hamil sebenarnya dapat diatasi kok, Bunda. Salah satunya dengan perawatan menggunakan skincare.

Skincare bunda hamil berjerawat

Pemilihan dan penggunaan skincare saat hamil enggak boleh sembarangan ya. Terutama bagi Bunda yang mau mengatasi jerawat saat hamil.

Menurut Dokter Spesialis Kulit & Kelamin, dr. Ruri D. Pamela, Sp.KK, ada beberapa kandungan skincare untuk kulit berjerawat yang sebaiknya dihindari dulu saat hamil. Salah satunya yang mengandung masam (acid).

"Kalau mengandung masam (acid), seperti masam salisilat, alpha hydroxy acid (AHA), beta hydroxy acid (BHA), dan glycolic acid (GA), itu sih sebenarnya di literatur dibilang kondusif untuk bumil. Tapi karena golongan-golongan masam itu dapat memicu iritasi, sebaiknya enggak usah dipakai dulu saat hamil. Apalagi, bumil kan kulitnya suka sensitif," kata Ruri saat dihubungi HaiBunda belum lama ini.

Alih-alih menggunakan skincare mengandung bahan masam (acid), bumil dapat memilih skincare dengan kandungan lain untuk mengatasi jerawat. Apa saja kandungan skincare yang kondusif untuk bunda hamil berjerawat?

Baca halaman berikutnya ya, Bunda.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 5 kandungan skincare yang tak kondusif untuk bumil dalam video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 1 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 1 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right