Profil instastories

Kamu Jangan Minder Tulisanmu 'Jelek' Tidak Bisa Dibaca, Tulisan Tangan Ini Akan Membuatmu Bersyukur

Tidak jarang dalam dunia pendidikan seorang siswa dituntut untuk berlatih menulis secara rapi. Bukan tanpa alasan, dengan tulisan dan catatan yang rapi tentu memudahkan untuk dipahami serta kemauan untuk me-review dan membaca ulang apa yang telah ditulis meningkat. Namun apa jadinya jika catatan yang dituliskan susah dibaca karena tulisan yang tertera kurang rapi? Tentunya pasti akan malas untuk membacanya ulang bahkan oleh si penulis itu sendiri. Apalagi jika ujian Guru pasti akan sangat kesulitan memahami isi jawaban yang ditulis dengan font yang amburadul alias 'jelek'.

Lihatlah gambar berikut:

Tulisan Rusia Tegak Bersambung

Gambar di atas merupakan lembar jawaban essay dari ujian seleksi perguruan tinggi di Rusia (atau kita mengenalnya sebagai SBMPTN jika di Indonesia). Pertanyaan yang pertama muncul di otak kalian pasti "Apakah benar itu tulisan Bahasa Rusia? Saya sering baca buku dan di internet tulisannya tidak seperti itu". Pasti kalian taunya huruf Rusia itu seperti berikut:

Huruf Rusia Cetak

Memang dalam tulisan cetak huruf Rusia akan tamapak seperti itu. Semacam huruf alfabet latin dengan beberapa huruf yang asing dan terkesan seperti simbol matematika.

Tulisan tangan di atas merupakan gaya penulisan cursive (tegak bersambung) dalam kepenulisan Bahasa Rusia. Tidak ada orang Rusia yang menulis huruf cetak ketika menulis bahasa mereka dengan tangan, semua orang menulis dengan huruf bersambung (cursive), yakni huruf miring yang disambung. Huruf miring yang tidak disambung pun cukup berbeda dengan huruf cetak tegak, misalnya huruf и jika ditulis miring menjadi и, huruf г menjadi г, dan seterusnya. Ini membuat orang yang awam tentang Bahasa Rusia dan kepenulisannya akan sangat susah memahami.

Beberapa kata berikut : дышишь (kamu bernapas), шиншилла (chinchilla), лилия (bunga lili), dan лишишь (kamu merampas) jika ditulis tangan akan menjadi seperti ini :

Tulisan Tegak Bersambung Rusia

Eits, kalian yang anak pramuka jangan anggap tulisan di atas merupakan sandi rumput ya? Beberapa contoh tulisan tangan di atas merupakan contoh tulisan tangan sehari-hari yang biasa dibaca maupun ditulis oleh warga Rusia, jika kalian menganggapnya itu jelek dan susah dibaca itu wajar karena kalian mungkin masih awam dengan bahasa dan literatur Rusia.

Untuk kalian yang dianggap dan merasa memiliki tulisan tangan yang kurang rapi, jangan berkecil hati karena penelitian mengatakan bahwa orang yang memiliki kecerdasan lebih di atas normal cenderung memiliki tulisan tangan yang kurang rapi karena kecepatan berfikir mereka sulit diimbangi dengan goresan tinta pada buku.

Bonus tulisan dokter Rusia

Tulisan Dokter Rusia

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS