Kabar Baik soal Iuran BPJS Kesehatan, Cek di Sini Bun

Trending 5 days ago 3
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Ada info bagus bagi Bunda yang merupakan peserta BPJS Kesehatan. Dipastikan besaran iuran BPJS Kesehatan tak akan naik tiba 2024.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengulangi arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat rapat kerja dengan Komisi XI DPR RI, Selasa (22/11/2022)

"Nah memang kan secara politik susah menerima, sehingga Bapak Presiden yang minta kalau dapat jangan naik tiba 2024. Sehingga kita jaga bener tiba 2024 posisi politik pemerintah ialah ini tak naik," ujar Budi.


Kepastian tak adanya perubahan besaran premi, bagus untuk kelas 1, 2, ataupun 3 BPJS Kesehatan ini kata dia akan tetap terjamin meskipun adanya penyesuaian tarif Indonesian Case Based Group (INA CBGs) dari BPJS Kesehatan ke pihak rumah sakit dalam rentang kisaran 12-30 persen.

Dari sisi neraca keuangan BPJS Keuangan, kata Budi tetap kuat hingga 2024, termasuk untuk membayar tarif INA CBGs yang baru akan diterapkan mulai 1 Januari 2023. Oleh karena itu, pada 2025 diperkirakannya penyesuaian tarif iuran BPJS Kesehatan yang baru akan terjadi.

"Harus ada kenaikan tarif yang memang menurut saya wajar. Enggak mungkin rumah sakit enggak naikin gaji karyawannya selam 5 tahun kan enggak mungkin. Sekarang tinggal kita edukasi masyarakat bahwa kenaikan premi itu ialah sesuatu yang sangat wajar dilakukan," ujar Budi.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

[Gambas:Video Haibunda]

(som/som)