Jerawat di Dagu Tak Kunjung Hilang? Kenali Penyebab dan Cara Menyembuhkannya

Trending 2 months ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Jerawat di dagu biasanya merupakan hasil dari fluktuasi hormon yang dapat terjadi selama masa pubertas atau siklus menstruasi. Namun, siapa pun dapat mendapatkan jerawat di dagunya pada usia berapa pun.

Melansir dari laman Medical News Today, minyak alami pada kulit dapat menjebak kotoran dan bakteri di pori-pori wajah, leher, dan punggung seseorang. Saat ini terjadi, pori-pori sering menjadi merah dan meradang, yang dapat menimbulkan jerawat.

Namun, Bunda tak perlu khawatir karena jerawat di dagu untuk kasus ringan tetap dapat disembuhkan dengan rutinitas perawatan kulit di rumah. Sementara untuk kasus lebih parah, Bunda perlu konsultasi dengan dokter kulit.


Oleh karena itu, sebelum memilih pengobatan untuk menyembuhkan jerawat di dagu, Bunda perlu mengetahui terlebih dahulu apa saja penyebabnya.

Penyebab jerawat tak sembuh

Baik remaja maupun orang dewasa dapat mengembangkan jerawat di dagu mereka. Ada beberapa unsur yang dapat memicu tumbuhnya jerawat di dagu Bunda tak kunjung sembuh. Berikut ialah beberapa penyebabnya.

1. Perubahan hormon

Melansir dari laman Byrdie, kadar testoterone yang lebih tinggi memicu lebih banyak produksi minyak, yang dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat.

2. Stres

Stres dapat meningkatkan produksi sebum dan memperparah jerawat. Selain itu, kurang tidur juga dapat meningkatkan stres psikologis dan resistensi insulin. Kedua unsur tersebut dapat menyebabkan timbulnya jerawat.

3. Menstruasi

Tumbuh jerawat di dagu beberapa minggu sebelum menstruasi menjadi salah satu penyebab umum yang sudah diketahui banyak orang. Saat itulah produksi estrogen dan progesteron meningkat. Peningkatan kadar hormon dalam tubuh Bunda merangsang kelenjar sebaceous dan menyebabkan produksi minyak berlebih.

4. Kurang eksfoliasi

Kelebihan minyak, kotoran, dan pori-pori yang tersumbat dapat menyebabkan jerawat, terutama kalau kulit tak terkelupas dengan baik. Eksfoliasi secara teratur dapat membantu meminimalkan munculnya komedo.

5. Bakteri

Dengan pustula, ada lebih banyak komponen peradangan yang berasal dari adanya bakteri yang terperangkap di dalam kulit. Oleh karena itu, ini dapat menimbulkan jerawat di dagu Bunda.

Lalu, bagaimana langkah menghilangkan jerawat di dagu? Simak halaman selanjutnya, ya, Bunda.

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 3 karakteristik kulit berjerawat yang tak cocok dengan skincare yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]