Ini Dia Penyebab Semakin Banyak Orang Muda yang Alami Asam Urat

Trending 2 months ago 10
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Tak hanya orang yang berusia paruh baya atau lanjut, masam urat kini semakin banyak diderita mereka yang tetap berusia muda, bagus itu pria maupun perempuan. 

Bunda perlu tahu, penyakit masam urat atau gout ialah salah satu jenis radang sendi yang kerap terjadi lantaran adanya penumpukan kristal masam urat atau uric acid. Kondisi ini dapat terjadi pada area sendi mana pun, seperti pergelangan kaki, jari kaki, lutut, siku, hingga pergelangan tangan.

Asam urat biasanya larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Namun pada kondisi tertentu, masam urat juga dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan masam urat dalam jumlah tinggi.


Apabila kadar masam urat di dalam darah sudah berlebihan, ini akan menyebabkan pembentukan kristal di sendi. Menurut American Society for Surgery of the Hand, kristal ini akan memicu peradangan pada sendi, sehingga pengidap akan mengalami gejala nyeri, bengkak, sensasi panas, merah, bahkan sendi susah untuk digerakkan.

Penyebab masam urat tinggi di usia muda

Dikutip dari laman Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes RI), terdapat beberapa unsur yang dapat memicu peningkatan kadar masam urat dalam darah seseorang, di antaranya:

Memiliki keluarga yang mengidap masam urat. Baru saja mengalami cedera atau pembedahan. Sering mengonsumsi makanan dengan kandungan purin tinggi, seperti daging merah, jeroan hewan, dan beberapa jenis hidangan laut (misalnya teri, sarden, kerang, atau tuna). Sering mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula. Memiliki kondisi medis tertentu misalnya diabetes, gangguan sindrom metabolik, penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit tiroid, kolesterol tinggi, leukemia, anemia, sleep apnea, hipertensi, dan obesitas. Cara mencegah masam urat tinggi di usia muda

Adapun beberapa perubahan gaya hidup diyakini dapat membantu menurunkan risiko penyakit masam urat, yaitu:

Minum banyak air untuk membantu ginjal berfungsi lebih bagus dan menghindari dehidrasi. Berolahraga secara teratur untuk menjaga berat badan yang sehat. Sebab, berat badan ekstra meningkatkan masam urat dalam tubuh dan memberi lebih banyak tekanan pada persendian. Menghindari penggunaan obat-obatan tertentu. Misalnya seperti obat-obatan yang bersifat diuretik atau imunosupresan. Membatasi konsumsi makanan dan minuman yang mempunyai kandungan unsur purin tinggi. Misalnya seperti daging merah, minuman beralkohol, hingga makanan dan minuman tinggi fruktosa. Konsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah yang mempunyai antioksidan tinggi.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 7 kebiasaan sepele yang dapat rusak ginjal.

[Gambas:Video Haibunda]

(pri/pri)