Profil instastories

Perempuan di atas pematang.

HOBBY MAKAN CITA - CITA KURUS

Aku seorang wanita yang sejak dulu bercita-cita kurus, tapi doyan makan. Bahkan di awal pernikahan saya pernah mencapai berat Badan 82 Kg. Katanya sih itu tanda kebahagiaan dan suami berhasil membahagiakan istri. Tapi ternyata pakar kesehatan berkata lain, jika ingin sehat maka berat badan harus di jaga katanya. sejak gadis saya juga banuayk mengkomsumsi obat-obatan yang katanya sih bisa menjadikan tubuh jadi lebih ideal. Tapi nyatanya semua yang saya komsumsi tidak ada hasilnya, bahkan sempat dirawat di Rumah sakit karena jamu-jamuan tersebut.

Delapan bulan yang lalu, adik saya memperkenalkan cara diet yang luar biasa. makan sampai kenyang dan ngemil juga boleh. Tapi tetap menjaga makanan apa saja yang layak di komsumsi dan yang pantang. Ternyata pantangannya hanya karbo, manis dan buah hanya alpukat yang bebas (selain itu ada beberapa buah yang memang pantang). Cara diet ini dikenal dengan nama DEBM (Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan). karena penasaran saya akhirnya mengikuti group WhatsApp dan melihat cara teman-teman menjalankan diet tersebut. Alhamdulillah dua minggu mengikuti cara meretka Berat Badan saya lost 6 kg. yang awal star 73 kg menjadi 67kg. Banyak yang tidak percaya dengan program yang sedang saya jalankan, bagaimana bisa tidak makan karbo (Nasi,kentang,sagu,tepung, dll) kok bisa bertahan dan  tidak lapar? Tapi kondisi tubuh yang berbicara, saya tidak bisa menjelaskan panjang lebar kepada mereka, hanya saja melihat perkembangan selama delapan bulan terakhir dari BB 73kg dan sekarang 56 kg, itu sudah bukti nyata untuk mereka.

Awal mengikuti program diet ini, banyak yang nyiyir juga ke saya. katanya kok susah-susah diet kan sudah laku juga. Jawaban singkat dari saya, justru karena sudah laku makanya harus di jaga hehehe... bukan cuma itu saja setelah saya berhasil menurunkan BB, eh ada lagi yang bilang kamu kok seperti orang sakit? tapi semua kata-kata itu saya jadikan sebagai motivasi untuk membuktikan bahwa tidak ada hal yang sia-sia selagi niat dan konsisten itu ada.

APA ITU DEBM ?

Diet DEBM adalah kepanjangan dari Diet Enak Bahagia Menyenangkan. Diet ini dipopulerkan oleh Robert Hendrik Liembono. Robert, sapaan akrabnya, bukanlah seorang dokter, ahli gizi, ataupun tenaga medis lainnya. Namun, tips diet yang ia cetuskan ini berhasil membuat berat badan banyak orang turun drastis.Beberapa tahun lalu, berat badan Robert pernah melonjak dari 78 kilogram menjadi 107 kilogram. Namun setelah mengikuti metode diet ini, beratnya turun kembali menjadi 75 kilogram.

DEBM menganggap bahwa karbohidrat merupakan salah satu penyebab seseorang mengalami obesitas alias kegemukan. Hal ini karena karbohidrat adalah salah satu zat gizi penyumbang kalori yang cukup besar, apalagi jika dikonsumsi terlalu banyak.

Semakin banyak karbohidrat yang Anda makan, maka semakin banyak pula kalori yang masuk ke tubuh. Jika Anda salah satu orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, lama-lama penumpukkan kalori di dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Itulah sebabnya, diet ini menekankan pengurangan asupan karbohidrat seminimal mungkin.

DEBM adalah diet rendah karbo tetai tinggi protein dan lemak. Untuk memenuhi kebutuhan energi yang tidak didapatkan dari karbohidrat, pelaku diet diminta untuk mengonsumsi makanan yang tinggi protein hewani pada pagi dan malam hari. Menariknya, diet ini tidak melarang Anda untuk mengonsumsi makanan tinggi lemak. Jadi, makanan yang digoreng sekalipun tetap bisa Anda konsumsi selama menjalani diet ini.

Semakin banyak karbohidrat yang Anda makan, maka semakin banyak pula kalori yang masuk ke tubuh. Jika Anda salah satu orang yang tidak banyak melakukan aktivitas fisik, lama-lama penumpukkan kalori di dalam tubuh bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Itulah sebabnya, diet ini menekankan pengurangan asupan karbohidrat seminimal mungkin.

Pantangan terbesar diet ini adalah gula, entah itu gula murni maupun gula dalam bentuk lain seperti madu, kecap, atau yang terkandung dalam buah dan sayur. Secara umum, berikut beberapa pantangan makanan untuk diet DEBM:

  • Nasi,dari semua jenis. merah,putih,hitam
  • tepung dan aneka olahannya (roti, mie,pasta,kripik dll)
  • protein nabati (tahu, tempe dan kacang-kacangan)
  • Sayuran yang mengandung karbo tinggi (nangak muda, pepaya muda,jagung)
  • umbi -umbian (ubu,singkong,sukun dll)
  • Buah yang tinggi gula (hampir semua buah kecuali alpukat) 
  • buah yang bisa tapi dibatasi 100gr siang hari (apel,rear,strowberry,jambu air dan begkoang)
  • pantang semua jenis gula (softdrink,susu,kopi 3 in 1,

Sementara berikut ini beberapa jenis makanan yang dianjurkan ketika menjalani diet DEBM  

  • Telur,ikan ayam, udang,kepiting,cumi,bebek,jeroan,daging sapi,daging kambing, babat,hati,ampela,ceker,ikan asin,kulit ayam,usus.
  • Sayuran hanya siang hari jam 12.00 sampai jam 18.00, seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.
  • Buah-buahan tinggi lemak seperti alpukat
  • bumbu semua bebas kecuali kecap

 

Dari DEBM saya menemukan berat Badan yang saya harapkan selama ini dan tanpa menyiksa diri. kalau dulu saya selalu bilang "hobby makan tapi cita-cita kurus" sekarang "makan saja pasti kurus kok hehehe. saya sengaja menulis kisah ini, agar teman-teman diluar sana yang punya hobby makan tapi cita-cita kurus juga bisa mengikuti pola makan sehat yang tentunya ada di DEBM.  dan kepada pak suhu Pak robert terimakasih telah banyak memberikan ilmu bermanfaat. 

Rumah putih, Tanete Bulukumba, sulawesi-selatan, 15 April 2020.

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jun 27, 2020, 3:05 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jun 25, 2020, 3:02 PM - Lilis Puji Astuti
Jun 25, 2020, 2:09 PM - Erbin Simanjuntak
Jun 24, 2020, 1:54 PM - Lilis Puji Astuti