Profil instastories

Selalu ada cerita baru setiap hari Ambil bukumu, bacalah, temukan cerita baru, dan tuliskan sesuatu yang berbeda.

Hewan Mitos "The Great Thunderbird"

 

Dalam membangun peradaban manusia, sejak zaman tutur lisan menuju zaman huruf dan tulisan sampai zaman internet sekarang, kehidupan manusia selalu diisi dengan mitos yang kadang sampai saat ini masih dipercayai.

 

Di Indonesia sendiri, setiap daerah mempunyai mitos yang berbeda-beda yang kadang masih dipercaya sampai sekarang.

 

Nah, di Amerika sendiri yang notabene nya adalah negara Adi Kuasa ternyata punya mitos juga loh.

Lebih tepatnya di Amerika Utara, pernah ada mitos yang dipercayai oleh orang Indian, yakni Thunderbird atau harafiahnya disebut burung guntur.

Mitos ini bahkan tersebar luas dan dipercaya penduduk asli Amerika bahkan Amerika Serikat dan Kanada. 

Thunderbird digambarkan sebagai hewan/makhluk supernatural. Burung raksasa ini merupakan simbol kekuasaan dan kekuatan yang melindungi manusia dari roh jahat. 

Burung itu dikatakan sangat besar, sehingga beberapa legenda mengatakan makhluk ini dapat mengambil seekor paus dengan cakar seperti seekor elang yang menangkap ikan dengan cakarnya. Mereka diceritakan memiliki bulu yang cerah dan berwarna-warni, dengan gigi dan cakar yang tajam. Mereka hidup di awan yang tinggi di atas gunung-gunung tertinggi. 

Disebut Thunderbird karena ketika mengepakkan sayapnya dengan kuat terdengar seperti guntur, dan kilat akan keluar dari matanya. Petir membawa hujan dan badai, yang bisa baik atau buruk. Baik - saat hujan dibutuhkan atau buruk saat hujan datang disertai angin kencang, banjir, dan kebakaran yang disebabkan oleh petir. 

Berbagai suku dari penduduk asli atau Indian memiliki tradisi lisan yang berbeda tentang Thunderbird yang ajaib, yang sangat mereka hormati dan takuti. 

Dalam tradisi suku Gros Ventre, Thunderbird yang memberikan pipa suci kepada orang-orang. Beberapa suku Plain, termasuk Arapaho, menghubungkan Thunderbirds dengan musim panas, sedangkan White Owl mewakili musim dingin. 

Dalam kepercayaan suku Algonquian, Thunderbird mengendalikan dunia atas sedangkan dunia bawah dikendalikan oleh Harimau Kumbang bawah air atau Raksasa Ular Naga Bertanduk , di mana Thunderbird melindungi manusia dengan melemparkan cahaya pada pengendali dunia bawah.

Menurut legenda mereka, Thunderbird adalah nenek moyang ras manusia dan membantu menciptakan alam semesta.

Suku Menominee dari Wisconsin menceritakan tentang gunung besar yang mengapung di langit barat, tempat Thunderbirds hidup. Dari sana, mereka mengendalikan hujan. Mereka adalah musuh dari ular bertanduk besar, yang disebut Misikinubik, yang dilawan untuk mencegah Misikinubik dari menguasai bumi dan memangsa umat manusia.

Mereka juga dikatakan sebagai utusan dari Matahari Besar dan senang dengan perbuatan kebesaran. 

Menurut versi Ojibway agak serupa, yaitu bahwa Thunderbirds bertarung dengan roh bawah laut. Tradisi mereka juga mengatakan bahwa Thunderbird bertanggung jawab untuk menghukum manusia yang melanggar aturan moral. Mereka mengatakan bahwa burung itu diciptakan oleh Nanabozho, roh yang tinggi, dan pahlawan budaya, dan bahwa burung-burung itu hidup di empat arah dan bermigrasi ke tanah Ojibwe selama musim semi dengan burung-burung lain. Mereka tinggal sampai musim gugur ketika musim yang paling berbahaya bagi roh-roh bawah laut telah lewat, pada saat itu mereka bermigrasi ke selatan dengan burung-burung lain. 

Suku Winnebago mengatakan bahwa seorang pria yang memiliki visi seekor Thunderbird selama pencariannya akan menjadi seorang kepala perang. Mereka juga percaya bahwa Thunderbird memiliki kekuatan untuk memberi orang kemampuan hebat. 

Thunderbird menurut orang Sioux adalah makhluk mulia yang melindungi manusia dari Unktehila, yang merupakan monster reptil yang berbahaya. Beberapa percaya bahwa mereka adalah pengubah bentuk, yang sering mengubah penampilan mereka untuk berinteraksi dengan orang-orang. 

Bagi suku Shawnee, mereka muncul sebagai anak laki-laki dan dapat diidentifikasi dengan kecenderungan mereka untuk berbicara mundur.

Di beberapa suku, Thunderbird dianggap sebagai kekuatan alam yang sangat sakral, sementara yang lain, mereka diperlakukan sebagai makhluk yang kuat, tetapi sebaliknya hanya sebagai anggota biasa dari kerajaan hewan. 

Banyak legenda menyebut kemarahan para Thunderbird sebagai sesuatu yang menakutkan untuk dilihat, yang bisa menghasilkan hukuman yang keras.

Dalam satu cerita, seluruh desa berubah menjadi batu karena kesalahan mereka.

Ada yang mengatakan bahwa mitos ini dimulai dengan pembangunan gundukan kuno. Sepanjang sejarah, simbol Thunderbird telah muncul di tiang totem, tembikar, petroglif, topeng, perhiasan, dan ukiran. Legenda telah diceritakan melalui lagu dan sejarah lisan. 

 

Next akan ada cerita mitos yang lain ya😉😉

 

Dari berbagai sumber.

Pict. Pinterest

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.