Profil instastories

GULMA SEBAGAI GURU KEHIDUPAN

GULMA SEBAGAI KEHIDUPAN 

Oleh :NURWAHIDAH 

     Coba sejenak sama-sama merendahkan hati dengan belajar kepada segelintir gulma. Menurut kamus besar bahasa Indonesia atau KBBI, gulma adalah sekelompok rumput yang mengganggu kehidupan tanaman lain, namun apa yang ada kita fikirkan tentang kelompok gulma ini? 

     Gulma yang keberadaannya dianggap mengganggu bagi kehidupan tanaman lain lain,  hingga keberadaannya dipandang sebelah mata bahkan perlu diberantas sampai ke akar-akarnya,  dari mulai membakarnya sampai menyemprotkan obat pembasmi agar mereka tidak tumbuh lagi. Tanaman berdaun kecil dan sering tumbuh di sepanjang jalan dan pekarangan rumah dan sering ada diantara tanaman utama. 

     Tetapi tahukah kita tentang tanaman yang kita anggap tak berguna ini justru membawa sejuta manfaat bagi kehidupan manusia, mereka hadir sebagai obat bagi mereka yang terkena suatu penyakit. Banyak rumput yang tumbuh liar berguna sebagai obat mujarab hingga kita tidak perlu merogoh kantong untuk membayar pengobatan mahal. 

      Tentu kita pasti mengenal rumput yang memiliki nama alang-alang, tumbuhan liar dan dianggap sebagai sebagai gulma ini adalah merupakan obat mujarab bagi penyakit rematik, asam urat, darah tinggi bahkan bisa mengobati hati yang gelisah, kita pasti mengenal nama benalu,

dalam bahasa mandar disebut daun ta"dassi-dassi.  Benalu adalah sejenis tanaman yang tidak bisa hidup kecuali hidup dalam tumpangan tanaman lain,  sehingga orang yang dianggap menyusahakan orang lain sering disebut sebagai benalu, tetapi pernahkah kita berfikir keberadaannya yang dianggap mengganggu justru menjadi obat yang sangat mujarab bagi penyakit yang kronis! Tidak terhitung nyawa yang sudah diselamatkannya.

     Tumbuhan liar dan berdaun kecil ini sering kita jumpai di pinggir jalan, tapi dia tidak pernah menghalangi perjalanan orang lain, tetapi justru melambai mengiringi perjalanan kita,  yang mungkin saja itu adalah do'a dan dzikir-dzikir mereka agar kita selamat sampai ke tujuan,  hanya Tuhan yang mengerti bahasa mereka,  cara mereka dalam do'a dan dzikirnya untuk mengabdi pada Penciptanya. Gulma dan benalu merupakan segelintir rumput liar yang berdaun kecil sesungguhnya menyampaikan pesan-pesan Tuhan, walaupun mereka dianggap sebagai gulma dan benalu yang di abai keberadaannya,  tetapi secara psikologis si hijau kecil ini adalah lambang jiwa-jiwa yang mampu berdiri kokoh di tengah badai,  tetap semangat untuk memberi manfaat kepada mereka yang menganggapnya tak pernah ada,  selalu bersyukur dengan segalah yang Tuhan berikan tampa harus bersusah payah mencari, meskipun hanya menjadi tumbuhan kecil yang gampang diinjak orang yang lewat, dia tetap ikhlas menjadi obat meski tidak pernah mendengar ucapan terimah kasih! Pohon-pohon besar bisa tumbang disekitarnya karena angin,  namun si hijau kecil ini akan tetap tegar, tumbuh dengan kesederhanaannya, mengikuti tita Tuhannya untuk selalu menjadi rahmat bagi kehidupan manusia,  siapapun boleh meraciknya menjadi obat,  demi menyambung nafas orang lain.

 

 

    

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jun 7, 2020, 3:29 PM - Hanifah khairunnisa
Jun 3, 2020, 12:46 PM - Nurhuda mas'ud tanjung
Mei 24, 2020, 8:09 PM - Nurhuda mas'ud tanjung
Mei 20, 2020, 5:13 PM - Tjahjono widarmanto