Fakta Wan Azizah, Sosok Istri yang Setia Bela PM Anwar Ibrahim saat Dibui

Trending 2 months ago 12
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Sosok Wan Azizah Wan Ismail menjadi sorotan setelah Anwar Ibrahim terpilih sebagai Perdana Menteri Malaysia ke-10 pada Kamis (24/11).

Setelah suaminya dilantik sebagai PM baru Malaysia, Wan Azizah pun otomatis menjadi Ibu Negara baru 'Negeri Jiran'. Perempuan 69 tahun itu juga lanjut terlihat mendampingi Anwar dalam pelantikan dan konferensi pers perdana sang suami sebagai PM kemarin.

Lantas bagaimana sosok Wan Azizah?


Fakta tentang Wan Azizah 1. Politikus wanita berpengaruh

Wan Azizah yang dikenal sebagai Kak Wan merupakan salah satu politikus wanita paling berpengaruh di 'Negeri Jiran'.

Wan Azizah pernah menjabat Menteri Urusan Wanita hingga Wakil PM Malaysia ke-12. Dia pun mencetak sejarah sebagai Wakil PM wanita pertama Malaysia dan wanita pertama yang pernah menjabat sebagai ketua koalisi oposisi Negeri Jiran.

Dikutip Malaysiakini, Dua posisi itu menjadi jabatan tertinggi yang pernah diduduki oleh seorang politikus wanita di Malaysia.

2. Latar belakang kedokteran 

Wan Azizah sebetulnya tak datang dari latar belakang politik. Ibu dari enam anak itu sebetulnya merupakan seorang dokter yang praktik di rumah sakit pemerintah selama belasan tahun.

Namun, Wan Azizah terpaksa meninggalkan karier suksesnya sebagai dokter saat Anwar diangkat sebagai orang nomor dua 'Negeri Jiran' mendampingi mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada 1993.

Seperti kebanyakan istri pejabat publik, Wan Azizah menjadi banyak terlibat dalam kegiatan sosial yang berfokus pada kesejahteraan rakyat terutama wanita dan anak-anak.

3. Tinggalkan karier demi suami

Namun, kehidupan tenangnya di balik layar sebagai seorang istri wakil PM Malaysia mendadak runtuh ketika suaminya dipecat Mahathir pada September 1998 lalu. Mahathir disebut memecat Anwar karena berselisih pendapat soal penanganan krisis ekonomi dunia yang saat itu menimpa Malaysia.

Namun, Wan Azizah terpaksa meninggalkan karier suksesnya sebagai dokter saat Anwar diangkat sebagai orang nomor dua 'Negeri Jiran' mendampingi mantan Perdana Menteri Mahathir Mohamad pada 1993 silam.

Seperti kebanyakan istri pejabat publik, Wan Azizah menjadi banyak terlibat dalam kegiatan sosial yang berfokus pada kesejahteraan rakyat tertutama wanita dan anak-anak.

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang jawaban Atalia saat ditanya keinginan menjadi bunda negara.

[Gambas:Video Haibunda]

(pri/pri)