Fakta dan Mitos Bangle untuk Ibu Hamil dan Bayi, Benarkah Ada Manfaatnya?

Trending 5 days ago 6
ARTICLE AD BOX

Banyak upaya dilakukan oleh Bunda hamil untuk menjaga kehamilannya tetap sehat dan tumbuh optimal, Bunda. Tidak hanya secara medis berbagai langkah tradisional pun kerap dipercaya dapat melindungi bayi dalam rahim.

Sebagai bangsa yang kaya akan budaya, tak sedikit Bunda yang meyakini tradisi tertentu untuk menjaga janin dalam kandungan. Salah satunya dengan memakai rimpang bangle atau bengle sepanjang kehamilan.

Mengutip dari kitab Kamus Antropologi, oleh Agung Tri Haryanta, dinyatakan bahwa sebuah tradisi akan diteruskan dan dipertahankan oleh generasi ke generasi berikutnya, karena kalau tak adanya informasi maka tradisi akan punah atau hilang, Bunda. 


Lantas bagaimana dengan mitos penggunaan bangle untuk Bunda hamil dan bayi? Simak faktanya yuk. 

Mengenal lebih jauh tanaman bangle

Melansir dari Repository UIN Jkt, disebutkan bahwa pada masa kehamilan, ada kepercayaan pada sebagian masyarakat untuk melakukan ritual dan pantangan tertentu dengan asa agar bunda hamil dan janin dapat sehat dan selamat hingga prosesi melahirkan.

Hal ini karena kehamilan merupakan salah satu peristiwa hidup yang luar biasa, Bunda. Sehingga sangat krusial untuk melindungi kehamilan dari gangguan yang terlihat maupun yang tak kasat mata. Di antara tradisi menjaga Bunda hamil dan janin yang dipercaya, antara lain: membawa barang benda tajam seperti gunting, peniti yang diikatkan pada baju bunda hamil dengan tujuan agar menjaga bunda dan bayinya dari gangguan roh jahat dan makhluk halus. 

Lalu bagaimana dengan bangle? Ya, merujuk dari banyak sumber, bangle dipercaya sebagai salah satu tanaman tradisional yang dapat menghalau gangguan terhadap Bunda hamil, Bunda. Di mana gangguan ini lebih pada gangguan yang tak terlihat konkret oleh mata. 

Sementara dalam penjelasan lain di kitab Puji Lestari : Studi Tanaman Khas Sumatera Utara Yang Berkhasiat Obat, mengulas lebih komplit faedah bangle ialah pada bagian rimpangnya. Di antaranya :

Sebagai peluruh kentut Penurun panas Obat borok Obat kejang pada anak-anak Pembersih darah Obat luka memar Peluruh dahak Penawar racun Obat pusing Obat cacing Obat pelangsing Obat encok Pencahar Obat hepatits Pemulih penglihatan Obat demam Daun pada tumbuhan bangle juga bermanfaat untuk perangsang nafsu makan.

Mungkin karena banyak kegunaan inilah, bangle kemudian diyakini sebagai salah satu tanaman yang dapat berfungsi menjadi perisai bagi Bunda hamil agar terhindar dari gangguan ya, Bunda. Selebihnya, dapat dijelaskan secara ilmiah tentang kekayaan manfaatnya.

Jahe untuk bunda hamil dan bayi baru lahir

Namun, belum ada studi lebih jauh yang membahas membahas bengle untuk melindungi jahe dalam kandungan. Seringkali mitos yang berkembang pada masyarakat, bengle harus dipakai bunda hamil di baju sepanjang kehamilan.

Tak berhenti tiba di situ, bangle atau bengle ini juga dipakaikan pada baju bayi yang baru lahir. Biasanya dikaitkan dengan jarum peniti pada baju anak-anak dan diganti setiap beberapa hari sekali.

Wangi rimpang bangle yang segar menjaga bunda yang melahirkan dan bayi baru lahir tetap segar. Sehingga masyarakat Jawa antik banyak yang mewajibkan bunda hamil atau pasca melahirkan. Hal ini dapat saja berkaitan dengan perubahan tubuh yang rentan terkena ASI sehingga menimbulkan bau tak sedap, dapat tersamarkan kalau memakai bengle yang disematkan di baju, Bunda.

Lalu, seperti apa faedah bengle lebih lanjut? Buka di halaman selanjutnya ya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Tinggal di Belanda saat hamil, apakah ada mitos yang ditemui Gracia Indri. Klik video di bawah ini:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right