Profil instastories

Durhaka Penghalang Prestasi

 

 

 

     DURHAKA PENGAHALANG PRESTASI

 

  Disebuah keluarga keysa adalah kakak dari keyla , mereka mempunyai karakter yang berbeda , Keysa adalah sosok anak yang pintar , ia suka membaca buku dengan tekun namun belum bisa mendapat peringkat 1 dikelasnya , Keysa masih bersekolah SMP . Keyla adalah adik Keysa yang baru berumur 3 tahun , yang suka mengganggu kakaknya belajar , ia suka mengambil barang tanpa sepengetahuan kakaknya.

Keysa dan Keyla sering sekali ribut hanya masalah hal sepele , hampir setiap hari bahkan setiap malam mereka ribut karena Keyla suka sekali dengan buku - buku yang biasanya Keysa pelajari dengan gambar - gambar yang menarik dan juga berwarna .

Matahari sudah mulai tenggelam , waktunya Keysa masuk kamarnya untuk belajar , dia langsung duduk di kursi putarnya , diterangi lampu dan buku - buku yang bertumpukan didepannya serta meja belajar dengan bentuk persegi panjang mampu memuat perlengkapannya untuk sekolah .

Di tengah belajarnya tiba - tiba Keyla datang dan langsung mencoret buku yang sedang di baca kakaknya , Keysa menatap adiknya dengan wajah sedikit marah dan langsung mencubitnya . Adiknya pun tidak diam saja ia malah memukul kakaknya dengan keras . Dengan wajah cemberut Keyla terpaksa keluar dari kamar kakaknya , karena Keysa sepertinya sudah sangat marah dengan Keyla

Pada waktu itu ibu sedang memasak , tiba - tiba saja ia ingat bahwa baju - bajunya belum dilipeti ." Keysa , kamu lipeti dulu ya baju - baju yang sudah kering tadi " Teriak ibunya . Dengan perasaan kesal dan marah ia menjawab " Ibu aku itu sedang belajar , aku tidak ingin diganggu , baju - baju itu kan harusnya tugas ibu juga , aku itu yang penting cuma belajar , ibu ingat kan bahwa aku ingin selalu mendapatkan peringkat 1 , dan ingat ya bu kalau saja aku tidak peringkat 1 itu pasti semua karena ibu yang selalu menyuruhku untuk membantu pekerjaan ibu " 

   Dengan perasan sebal juga , namun ibunya tidak tega memarahi anaknya , dengan terpaksa dia menjawab " Yasudahlah " . Dalam hati kecilnya ibunya berkata bahwa usaha tidak akan bisa tercapai jika anaknya tidak mematuhinya . Tuhan meridhoi jika aku ikhlas mendoakanmu Keysa. Di dalam hatinya juga ia berdoa " Tuhan , ampunilah anakku keysa , sadarkanlah dia , berikanlah dia kecerahan dalam hatinya sehingga dia bisa menjadi wanita yang baik , dan berikanlah dia kesabaran , ketabahan serta kekuatan di dalam hatinya agar dia bisa tidak mudah menyerah , Aamiin , Aamiin , Aamiin ya robbal alamiin ."

Lagi - lagi ibunya mendengar suara keributan di dalam kamar Keysa . Keributan itu hanya karena masalah pensil warna . Ibunya masuk ke kamar Keysa dan langsung memarahi Keysa " Keysa , kamu itu keterlaluan , ini sudah malam , kamu harus lebih dewasa menghadapinya " . Dengan wajah cemberut Keysa menjawab " Terserahlah , memang Keysa itu selalu salah , dimata ibu memang Keyla selalu benar " . Dengan terpaksa ibu nya harus menampar anaknya yang pertama itu , karena menurut ibunya Keysa sudah keterlaluan . Keyla dan ibu pun keluar dari kamar Keysa . Ibunya sambil berkata " memang kamu itu tidak dewasa, masalah seperti ini saja kamu tidak bisa menghadapi " .

Kemudian Keysa mengunci pintunya dan marah sambil berteriak " Ibu itu jahat , ibu tidak pernah mengerti dengan keadaanku ini , ibu selalu memikirkan keyla , ibu tidak pernah memikirkan aku , bahkan jika keyla salah dia tidak pernah disalahkan  " . Keysa pun membanting vas bunga . Ibunya tidak merespon , ia hanya diam saja dan berusaha menenangkan hatinya .

Keysa membuka jendela kamarnya sambil menatap fenomena yang sedang berkelap - kelip dilangit sambil berkata "setiap hari aku sudah belajar , nilai - nilai ku juga bagus - bagus tapi kenapa aku belum bisa mendapatkan peringkat 1 , andai saja aku bisa berjalan di udara , akan ku teriakan semua ini diatas awan putih " .

   Aku ingin bertanya

   Tapi pada siapa aku bertanya 

   Siapa yang bisa menjawab , jika aku bertanya .

   Dia baru ingat bahwa ia punya ustadz yang bisa memberinya saran . Keysa menelponnya , tanpa basa - basi Keysa langsung menjelaskan semua yang ingin dia tanyakan , dia juga menjelaskan tentang perilakunya pada ibu dan adiknya . Ustadz pun menjawab " Keysa sebenarnya , semua itu tergantung pada diri kamu sendiri , coba kamu intropeksi dirimu dahulu , gunakanlah kebijakanmu untuk menghadapi hal ini , kamu ingat bahwa keridhoan sang ILLAHI itu tergantung pada ibumu " . Belum selesai berbicara Keysa memotong pembicaraan itu dan berkata " Lalu apa yang harus saya lakukan ustadz ? . " berbuat baiklah pada ibumu , maka kamu akan mendapatkan balasan yang baik pula , ingat keysa surga ada ditelapak kaki ibumu , jadi berbuatlah yang  bermanfaat dan juga bisa membanggakan kedua orang tuamu , kamu paham keysa ?

Keysa tercengah mendengar kata - kata itu kemudian ia mengucapkan terima kasih pada ustadz dan menutup teleponnya . Ia merenungi semuanya sambil melamun sampai berjam- jam , ia berjanji akan merubah perilakunya pada ibunya dan adiknya " Aku memang salah , selama ini aku jahat sekali sama ibu dan adik" Kata keysa sambil menangis .

Dan pada waktu itu juga keysa langsung meminta maaf kepada ibunya . Ibunya pun memaafkan keysa . Hari demi hari dia selalu berbuat baik pada ibunya , perkataannya menjadi halus , perilakunya berubah menjadi baik , ia memilih untuk membantu ibunya terlebih dahulu baru dia belajar . Keysa juga semakin sabar dalam menghadapi perilaku adiknya .

Minggu yang lalu dia sudah melakukan semesteran , dan pada malam itu ia akan menerima hasil laporan belajarnya . Setelah mengetahui , betapa bahagianya Keysa karena mendapat peringkat 1 . Ia sadar bahwa keridhoan sang ILLAHI terletak pada keridhoan seorang ibu. Pada saat itu hati keysa sangat bahagia sekali , bahkan ia memeluk adiknya dan juga mencium adiknya . Adiknya keysa yaitu keyla juga ikut bahagia , karena ia baru saja mendapatkan kasih sayang yang sepenuhnya dari kakaknya . Keysa juga memeluk ibunya sambil menangis dan mengucapkan terima kasih karena selama ini ibunya sangat sabar pada keysa .

 

Amanat  dari cerpen diatas :

Ingat berbuat baik kepada kedua orang tua adalah hal yang paling disukai oleh Allah SWT , Jangan pernah takut untuk menceritakan masalah kepada kedua orang tua dan ingat jangan sekali - kali kamu marah kepada kedua orang tua mu lebih dari 3 hari . Show , tanpa orang tua kamu tidak bisa berbuat apa - apa lhoo. Dan tanpa kedua orang tua kamu tidak akan pernah besar apalagi sukses , karena keridhooan sang illahi ada pada orang tua , untuk teman - teman selalu berbuat baik yha pada orang tua , bahagiakan orang tua agar kamu selalu didoakan yang terbaik .

#bagi bagi cerita yha teman . Kalau teman- teman punya grup tentang puisi atau cerpen bisa masukin aku .😊

# yuk kita sama - sama belajar dari teman - teman dan juga aku , banyak membaca banyak pengetahuan yha teman .🎊

Terimakasih telah membaca 👌🙂😊

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments
SHILNA ILA SALSABILA - Apr 22, 2020, 10:22 AM - Add Reply

Bagus kak, ceritanya...

You must be logged in to post a comment.
SHILNA ILA SALSABILA - Apr 22, 2020, 10:23 AM - Add Reply

Bagus kak, ceritanya...

You must be logged in to post a comment.

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 8, 2020, 1:15 PM - Annisa mahmudah
Jul 6, 2020, 10:20 PM - Chocho_Yucho
Jul 3, 2020, 6:34 PM - Tjahjono widarmanto
Jul 3, 2020, 6:26 PM - Nnaga
Jul 3, 2020, 1:07 PM - Kristina Dai Laba
Jul 2, 2020, 2:25 PM - Mei Elisabet Sibarani