Profil instastories

DNA Sebagai Materi Genetik

DNA Sebagai Materi Genetik

By : Widia Purnamasari

 

Pendapat Mendel diakui kebenarannya berkat perkembangan penelitian mengenai kromosom. Hasil studi menunjukkan bahwa ada kecocokan antara hasil pengamatan terhadap tingkah laku kromosom dalam meiosis dengan teori yang dikemukakan oleh Mendel. Kesetaraan antar teori Mendel dengan hasil penelitian kromosom membawa pada pemikiran bahwa gen terletak dalam kromosom dan secara umum disimpulkan bahwa kromosom merupakan pembawa gen. Kemudian muncullah istilah materi genetik. Materi genetik digunakan untuk menyimpan informasi genetik dari suatu organisme hidup. Era penemuan materi genetik dibuka oleh F. Miescher (1871). Dengan mikroskop sederhana, dia mengungkapkan bahwa bahan aktif yang ada di dalam nukleus disebut nuklein. Namun belum dapat menetapkan apakah itu disebut kromosom atau DNA. Serangkaian studi yang digabungkan dengan studi kimia kemudian menyatakan bahwa bahan aktif tersebut adalah DNA atau RNA yang disusun oleh rantaian asam nukleat. Sebab DNA merupakan materi genetik prokariot, eukariot dan sebagian virus. Sedangkan RNA merupakan materi dasar dari beberapa virus lainnya.

 1. Proses Pengakuan DNA sebagai Materi Genetik

     Asam nukleat telah cukup lama ditemukan sebelum diketahui struktur serta fungsinya. Ada tiga penemuan yang membuktikan bahwa asam nukleat berperan penting dalam menentukan sifat organisme atau sebagai bahan dasar gen, yaitu.

    a.  Ditemukannya DNA sebagai senyawa khas kromosom

          Hal ini ditemukan melalui studi pewarnaan mikroskopik oleh Robert Fuelgen. Dia menunjukkan bahwa DNA yang dipanaskan dengan asam fuksin akan timbul warna merah tua yang mengkilat. Sepuluh tahun kemudian, penemuan tersebut diterapkan pada sel hidup dan ternyata tidak merusak sel atau jaringan. Kromosom muncul dengan warna yang jelas sedangkan bagian sel yang lain tidak berwarna. Dari hasil ini kemudian disimpulkan bahwa kromosom mengandung DNA dan DNA merupakan material khas kromosom yang tidak terdapat di bagian lain. Saat ini diketahui bahwa DNA juga terdapat di sitoplasma, seperti mitokondria dan plastid.

b. Ditemukannya peran DNA dalam transformasi bakteri

     Oswald T. Avery dan peneliti lain dari Rockefeller Institut pada 1944 berhasil membuktikan bahwa bahan genetik yang terlibat dalam proses transformasi adalah DNA. Proses transformasi sebelumnya dikemukakan oleh F. Griffith (1928) dalam percobaannya menggunakan bakteri Streptococcus pneumonia galur R (tidak berkapsul) dan galur S (berkapsul). Berbagai macam penelitian mencoba mencampurkan molekul-molekul dengan bakteri R ditambah dengan enzim pengurai DNase, RNase, Protease. Ternyata bakteri yang tidak dicampur DNA mengalami transformasi sedang yang diberi DNase tidak. Hal ini berarti DNA berperan dalam proses transformasi dan merubah sifat bakteri.

c. Ditemukannya DNA pada virus yang diwariskan pada generasi berikutnya secara fisik

            Hershey dan Chase (1952) menemukan bahwa DNA merupakan bahan genetik yang diwariskan, bukan mantelnya. Proses penelitiannya sebagai berikut : E.coli ditumbuhkan pada media yang diberi radioisotope S35 sebagai penanda protein (mantel virus) dan P32 sebagai penanda DNA bakteriofage T2 diinfeksi pada E.coli, sehingga menggunakan unsur-unsur pada sel inang untuk menyusun kromosom dan mantel, termasuk juga radioisotop yang telah diabsorbsi bakteri. Terdapat dua macam fage, yaitu yang mengandung S35 pada mantel dan yang mengandung P32 pada kromosom fage, keduanya ditumbuhkan dalam media biasa tanpa radioisotope. Berdasarkan bakteri yang diserang fage bertanda S35 tidak diperoleh virus ber-radioisotope, sedang yang diserang fage bertanda P32 diperoleh virus ber-radioisotope. Hal ini menandakan bahwa DNA-lah yang diwariskan pada generasi berikutnya.

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS