Profil instastories

Covid-19 calmdown please

Virus Corona atau 2019 Novel Coronavirus adalah virus yang menyerang sistem pernapasan. Penyakit karena infeksi virus ini disebut COVID-19. Virus Corona bisa menyebabkan gangguan pada sistem pernapasan, pneumonia akut, sampai kematian.

Virus 2019 Novel Coronavirus (2019-nCoV) yang lebih dikenal dengan nama virus Corona adalah jenis baru dari coronavirus yang menular ke manusia. Virus ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, anak-anak ,orangd  lansia, ibu hamil, maupun ibu menyusui.

Maraknya virus corona atau disebut covid-19 kini telah menjadi ketakutan tersendiri untuk beberapa kalangan. Dan kini setatusnya bukan hanya lagi wabah, akan tetapi sudah menuju ke pandemic. Apasih bedanya? Yuk simak berikut ini.

Dilansir dari alodokter Wabah adalah terjadinya suatu penyakit dalam masyarakat, dimana jumlah orangterjangkit lebih banyak dari biasanya, pada komunitas tertentu atau dimusim-musim tertntu. Wabah ini bisa terjad terus-menerus, mulai dari hitungan hari hingga tahun.

Adapula epidemic adalah wabah di wilayah geografis yang lebih dari tingkatan wabah. Contohnya saat korona menyerang di luar kota wuhan itu masuk kedalam 

Sedangkan pandemic adalah wabah penyakit yang terjadi secara luas di seluruh dunia. Seperti saat ini, corona masuk kedalam kategori pandemic.

Indonesia yang selama ini ‘clean shhet’ akhirnya kebobolan setelah bebrapa orang positif mengidap. Hal  itu membuat beberapa orang kurang berfikir jernih untuk mengambil langkah yan tepat. Meskipun begitu, masyarakat dihimbau untuk waspada namun tidak panic  dan  stay calmdown serta jaga diri baik-baik, jaga kesehatan dan tingkatkan imunitas diri. Beberapa dokter memeberikan imbauan kepada masyarakat untuk: 

Menjaga kebersihan tangan, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serat setelah memegang instalasi public. Cuci tangan dnegan sabun dan air mengalir selama 20 detik atau bisa menggunakan hand sanitizer

Gunakan masker dan segera berobat ke fasilitas kesehatan jika terjadi gangguan pernafasan.

Istirahat bila sedang sakit

Mengkonsumsi sayuran dan buah secara cukup

Hindari kontak dengan orang yang terjangkit, dan kurangi bertemu dengan orang. Sering disebut lockdown.

Masker wajib bagi orang yang sakit, karena orang yang sedang sakit imunitasnya sedang kurang baik.

Di Indonesia sendiri sudah diterbitkan surat edaran yang berisi Lockdown. Lockdown  ini ternayata sangat bermanfaat untuk menekan terjangkitnya covid-19. Seperti yang kita ketahui bahwa covid-19 berinkubasi selama 14 hari. Gunakan waktu lockdown ini dengan menjaga kesehatan dan apabila merasakan beberapa gejala berikut ini 

Demam

Batuk, pilek, 

Gangguan pernapasan

Sakit tenggoraokan  

Jika merasakan gejala-gejala diatas segeralah menuju fasilitas kesehatan untuk memeriksakan diri anda. Dan mohon dengan sangat, masarakat untuk waspada namun tetap waspada. Dihimbau juga kepada masyarakat untuk mendekatkan diri kepada Tuhan YME. Karena itu semua adalah ujian dan kuasa dari-Nya.

Semoga Indonesia segera terbebas dari Covid-19 dan segala bentuk aktivitas dapat segera berjalan slerti biasanya. Jangan lupa untuk jaga kesehatan ya.

Salam hangat dari saya.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jul 2, 2020, 2:23 PM - Widi Purnamasari
Jul 1, 2020, 6:08 PM - Tika Sukmawati
Jul 1, 2020, 6:07 PM - Telaga_r
Jul 1, 2020, 5:47 PM - MARTHIN ROBERT SIHOTANG
Jul 1, 2020, 1:15 PM - INSPIRASI CERDAS