Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan, Benarkah Perut Bumil Lebih Tinggi dan Menonjol?

Trending 2 days ago 3
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Ciri-ciri hamil anak wanita biasanya dari bentuk perut dan makanan, tapi ada juga yang bilang dari posisi tidur. Orang terkadang menebak-nebak dengan memandang perut atau menanyakan lebih senang makan apa saat hamil.

Calon bunda mungkin belum mengerti kenapa hanya dari memandang perut saja sudah menebak itu bayi wanita atau laki-laki.  Apa benar dari bentuk perut dan karakteristik lainnya ini dapat menjelaskan jenis kelamin bayi? Seorang APN (advance practice nurse) Deborah Weatherspoon mengatakan beberapa aspek tersebut mungkin tak dapat menjelaskan jenis kelamin. 

Ciri-ciri hamil anak perempuan 

Lalu apa saja karakteristik hamil yang mungkin menandakan Bunda sedang hamil anak perempuan? Simak di bawah ini yuk.


1. Bentuk perut tinggi menonjol

Weatherspoon mengatakan bentuk perut memang terkenal dalam menebak jenis kelamin bayi. Ibu hamil (bumil) mungkin pernah mendengar kalau mengandung anak wanita terlihat lebih tinggi dan menonjol. Berbeda dengan anak pria yang bentuknya rendah. 

"Anak wanita tampaknya membutuhkan lebih banyak perlindungan, jadi mereka diangkat lebih tinggi," kata Weatherspoon dikutip dari Healthline.

Faktanya, kata Wheatherspoon, bagus ukuran dan bentuk perut berkaitan dengan banyak fakta, namun tak ada yang menunjukkan jenis kelamin. 

Apabila ini kehamilan pertama atau otot perut bumil kuat, kata Weatherspoon, mungkin perut jadi lebih tinggi karena tembok perut tak meregang. Apabila ini bukan anak pertama, tembok perut sudah semakin meregang pada kehamilan berikutnya. Ini yang membikin perut sedikit turun.

Ukuran dan posisi bayi juga dapat memengaruhi tampilan luar perut bumil. Pada akhir kehamilan, bayi mungkin beralih lebih rendah ke dalam panggul. Tentu pergerakan ini dapat membikin perut terlihat rendah atau turun.

"Posisi bayi Anda pada waktu tertentu juga dapat mengubah bentuk dan ukuran benjolan Anda untuk sementara," jelas Weatherspoon.

2. Senang makanan manis

Bumil yang senang makan manis-manis, misalnya cokelat, mungkin diperkirakan sedang hamil anak perempuan. 

Sedangkan kalau mengandung bayi laki-laki, bumil lebih senang makanan yang asin atau asam. Mitos ini memang sudah lama beredar dan banyak yang mempercayainya. Faktanya, mengidam selama kehamilan ini berkaitan dengan kekurangan mineral tertentu.

Kameelah Phillips, M.D., IBCLC, dan OB-GYN untuk Calla Women's Health di New York City, mengatakan mitos gender ini tak populer. 

"Sering dikatakan bahwa senang makanan manis menjadi indikasi hamil anak perempuan. Ini sesuai dengan banyak asosiasi budaya dengan 'gadis mini yang manis.' Namun, tak ada hubungan langsung antara gigi manis dan jenis kelamin bayi," ujarnya dikutip dari Parents.

Jadi nggak ada hubungannya keinginan makan (ngidam) makanan manis dengan jenis kelamin anak.

Untuk karakteristik hamil bayi wanita lainnya dapat klik halaman selanjutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang 4 tes medis untuk ketahui Bunda hamil anak pria atau perempuan.

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 2 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 2 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right