Profil instastories

Perempuan di atas pematang.

CARA MENGATASI SEMBELIT SAAT MEMULAI DIET DEBM

Sembelit adalah gangguan sistem pencernaan yang terjadi akibat penyerapan air di usus besar yang berlebihan. Sembelit atau susah buang air besar saat awal  menjalani diet DEBM, itu kadang menjadi hal yang meresahkan. salah satu penyebabnya adalah karena makanan yang kurang serat. Tetapi makanan yang banyak mengandung serat pun bisa menjadi pemicu sembelit. Pola diet DEBM (diet enak bahagia dan menyenangkan) menyarankan agar para pejuang kurus rajin minum air putih utamanya jam 09.00 pagi dan jam 15.00 sebanyak tiga gelas. Dan bebas diluar jam tersebut. Kadar air yang terlalu sedikit akan membuat tubuh kekurangan cairan, maka untuk mengatasinya komsumsi air paling sedikit dua liter per hari untuk memenuhi kebutuhan harian kita.

Selain rajin minum air putih, dianjurkan untuk mengkomsumsi kopi pahit  (tanpa gula) di pagi hari. Mengkomsumsi kopi akan memicu pergerakan otot usus seperti saat mengkomsumsi makanan.kandungan kafein pada kopi akan membantu usus agar tetap aktif, kandungan serat pada kopi walaupun sedikit tapi akan membantu keseimbangan bakteri usus.Perbanyak makan alpukat dan buncis, juga dianjurkan untuk mengatasi sembelit pada pola diet DEBM. 

Selain beberapa cara diatas satu hal yang harus diingat bahwa aktivitas fisik akan membantu tubuh menyerap makanan dan menjaga usus agar tetap aktif bergerak. Aktifitas fisik yang dimaksud bukan hanya yang intensitas yang tinggi, tetapi  jalan kaki 30 menit sehari akan membantu mengatasi sembelit. 

 Pustaka RumPut, Tanete Bulukumba, Sulawesi-Selatan April 2020

 

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.