Profil instastories

Cara Jitu Jadi Siswa Pintar

1. Ibadah (sholat bagi muslim)

Pertama yang diperhatikan adalah sholat. Di luar sana sangat banyak orang cerdas. Tapi kenapa mereka tidak pernah juara di kelas? Bisa jadi ia meninggalkan tips yang pertama ini. Banyak orang malas sholat dengan alasan, membuang waktu, tidak sempat karena banyak tugas, dsb. Mungkin kamu termasuk yang melalaikan hal ini. Tapi tahukah kamu bahwa sholat membantumu. Semakin kamu sibuk dengan urusan duniamu, semakin Tuhan sibukkan kamu dengan perkara yang tidak kunjung selesai. Begitupun juga, semakin kamu menyepelekan sholat, maka Tuhan akan menyepelekan doamu. Dan yang parahnya lagi, kamu lupa diri terhadap siapa yang menciptakan kamu. Menganggap bahwa belajar tanpa henti akan membuat pintar. Justru itu malahan bisa membuat otakmu lelah dan depresi.

 

2. Menghafal Al-Qur’an

Mungkin kebanyakan orang akan terheran dengan ini. “kok ngafal Al-Qur’an sih? kami kan sekolah umum?”. Tak ada salahnya menghafal Al-Qur’an. Selain baik untuk otak, pahala pun dapat. Otak para penghafal Al-Qur’an cenderung lebih cerdas. Mereka otomatis cepat menghafal sesuatu. Termasuk pelajaran. Terkadang belajar bisa membuat kamu jenuh. Sempatkanlah untuk menghafal surah-surah pendek. Pasti akan terasa tenang.

 

3. Jangan melalaikan tugas

Jangan sekalipun kamu melalaikan tugas guru. Walaupun ia tak memaksamu untuk mengumpulkan tugas. Terkadang siswa sering mengabaikan tugas dari guru yang tidak di sukainya. Sekecil apapun tugas dari guru akan menambah nilai. Ingat!!! Semakin banyak saingan, semakin sulit kamu menebak seberapa kemampuanmu. Tentunya, nilai antar ranking hanya berbeda nol koma sekian.

 

4. Minuman/makanan ajaib

Kamu punya gak sih, minuman/makanan ajaib?. Yang di maksud di sini adalah minuman atau makanan yang bisa membuat otak kamu berjalan dengan lancar. Contohnya: Susu cokelat. Jadi, setiap mau ulang atau ujian. Malamnya itu aku minum. Besoknya otak aku langsung lancar.

 

5. Belajar sebelum guru menjelaskan

Misalnya : besok ada pelajaran matematika. Nah di hari sebelumnya kamu harus baca materi yang belum di pelajari. Dan buatlah pertanyaan seputar materi tersebut, yang tidak kamu pahami. Otomatis di saat gurumu membahas materi tersebut. Tentu guru akan melontarkan sebuah pertanyaan. Seperti, “Ada yang tahu tentang bla-bla-bla....?”. Nah, sudah pasti kamu tahu jawabannya. Kamu akan dikenal guru sebagai siswa yang cerdas.

 

6. Aktif dalam diskusi

Dalam diskusi ada nilai tersendiri oleh guru. Setiap yang bertanya akan diberi nilai tambahan. Begitupun juga dengan yang memberi jawaban.

 

7. Sering maju ke depan

Jangan malu untuk maju ke depan. Pasti ada nilainya bagi masing-masing guru. Walaupun hanya sekedar menulis atau membacakan materi.

 

8. Tempat duduk paling depan

Dengan duduk di depan. Kamu akan dituntut untuk selalu memperhatikan guru. Dan mempunyai keingintahuan yang tinggi. Jika lengah sedikit, kamu akan ditegur guru. Selain itu, penglihatan dan pemahamanmu lebih jelas jika berhadapan langsung dengan guru.

 

9. Jangan menyontek

Jangan ikuti teman-temanmu yang suka menyontek. Ilmu tak akan berkah, bahkan kamu mendapatkan dosa. Yang ruginya lagi, tidak mendapat juara, di cela teman, sekaligus mendapat dosa. Belajarlah untuk jujur. Karena, suatu saat nanti kamu akan diperlukan orang banyak. Dalam dunia kerja, kejujuran lebih penting daripada skill.

 

10. Istirahat dan sarapan yang cukup

Istirahat yang cukup akan membuat kamu semangat dan fokus dalam belajar. Otak tidak bekerja dengan baik jika matamu selalu mengantuk. Sarapan juga penting sekali agar kesehatan tetap terjaga.

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.