Bunda Perlu Tahu! Ini Alasan Si Kecil GTM dan Kiat Mengatasi Picky Eater

Trending 5 days ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

GTM atau Gerakan Tutup Mulut merupakan salah satu tantangan yang tak terelakkan bagi para Bunda. Dalam perjalanan tumbuh kembangnya, Si Kecil dapat mengalami fase mogok makan ini karena berbagai alasan, salah satunya akibat anak menjadi 'picky eater'.

Pada usia 1 hingga 3 tahun, anak kerap menjadi picky eater atau kerap pilah-pilih makanan. Mereka biasanya hanya mau makan hal-hal yang mereka sukai saja, dan menolak satu golongan makanan tertentu.

Misalnya, Si Kecil hanya mau makan daging tanpa menyeimbangkan kebutuhan mineral dan serat dari sayur. Atau hanya mau minum-minuman manis seperti jus kemasan dan minuman berperisa lainnya, sehingga menolak minum air mineral yang lebih sehat untuk tubuh.

Namun Bunda tak perlu khawatir, ada berbagai kiat yang dapat dipraktikkan untuk mengatasi si picky eater yang kerap mogok makan.

1. Buat Jadwal Makan Teratur

Salah satu langkah untuk mengatasi GTM pada Si Kecil ialah membikin jadwal makan yang teratur, sehingga mereka dapat mengenal waktu makan. Jangan tiba tunggu anak merengek apalagi menjerit baru memberinya makan ya Bunda.

Adapun aturan makan yang dapat dicontoh bagi anak di atas 1 tahun dalam sehari ialah makan utama sebanyak 3 kali, makan mini atau snack 2 kali, ASI apabila mencukupi atau susu 2-3 kali sehari.

2. Ciptakan Lingkungan Makan yang Menyenangkan

Kiat yang satu ini dapat dipraktikkan dengan langkah sederhana, misalnya menyajikan makanan dalam piring berbentuk dan bergambar kocak yang disukai anak-anak. Serta siapkan instrumen makan berwarna-warni yang dapat menggugah selera anak saat makan.

Biarkan anak mengeksplor makanan sendiri meski berantakan. Dengan menciptakan lingkungan makan yang menyenangkan, anak akan terhindar dari GTM dan makan lebih lahap.

3. Identifikasi Kebiasaan Makan Si Kecil

Jika anak terlanjur GTM, makan Bunda perlu mengidentifikasi masalah dengan cermat. Kenali kebiasaan makan Si Kecil dan cari tahu apakah GTM yang dialaminya hanya sekadar fase atau disebabkan oleh tanda bahaya yang berhubungan dengan suatu penyakit.

Misalnya, anak mengalami gangguan pencernaan atau infeksi yang menyebabkan mereka ogah makan. Jika hal ini terjadi, segeralah bawa anak berkonsultasi ke dokter.

4. Kenalkan Anak pada Jenis Makanan/Minuman Sehat

Hal krusial yang harus dicatat Bunda dan para orang uzur untuk mengatasi GTM ialah lanjut mengenalkan jenis makanan dan minuman sehat pada anak. Terkadang, Bunda merasa takut atau menyerah mengenalkan makanan baru pada anak karena khawatir anak akan menolaknya.

Penelitian menyebut anak perlu dikenalkan pada makanan baru sebanyak 10-15 kali pengulangan. Sementara untuk anak yang lebih besar, merupakan berusia 4-5 tahun perlu dikenalkan 8-10 kali pengulangan untuk dapat membikin mereka akrab dengan makanan tertentu.

Adapun berbagai makanan yang krusial untuk dikenalkan antara lain sayur yang mengandung serat dan berbagai vitamin bermanfaat. Bunda juga perlu mengenalkan jenis makanan lain yang mengandung gizi seimbang, seperti vitamin dan mineral yang lengkap.

Selain lewat makanan, mineral esensial yang krusial bagi tubuh dapat Bunda dapatkan dari air mineral berkualitas lho. Contohnya, Le Minerale yang punya kandungan mineral esesial dengan rasa lebih segar dan lebih enteng. Sehingga anak akan lebih suka mengonsumsinya dibandingkan dengan konsumsi minuman manis rendah nutrisi yang dapat meningkatkan risiko glukosuria pada anak.

Adapun kandungan mineral di dalamnya dapat Bunda cek sendiri melalui nutrition fact yang ada dalam kemasan. Selain punya kandungan mineral esensial yang menyehatkan, Le Minerale juga higienis dan terjaga aman. Dengan ini, Bunda dapat membantu anak GTM tetap memenuhi kebutuhan mineral esensial secara optimal.

Le Minerale yang diproduksi dari sumber mata air berkualitas tinggi ini pun mempunyai galon kemasan yang berbeda karena menggunakan galon bening yang selalu baru dengan tutup rapat rapat udara. Jadi mineral esensialnya terjaga sempurna tiba ke tangan konsumen.

Tutupnya yang rapat membikin Bunda dapat memastikan kebersihan air di dalamnya, serta mencegah kuman, virus, dan bakteri masuk ke dalam air yang dikonsumsi. Yuk pilih air mineral dengan mineral esensial dengan standar kualitas terbaik untuk dikonsumsi keluarga setiap hari, seperti Le Minerale yang jelas sehatnya, jelas bersihnya.

(adv/adv)