Bukan Sekolah Mahal, Ini Rahasia Anak Sukses di Masa Depan Bun

Trending 2 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Setiap orang uzur niscaya menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan terbaik. Ya, pendidikan yang berkualitas tentu dapat mempengaruhi kesuksesan secara akademis.

Sayangnya, pendidikan berkualitas bukan satu-satunya penentu seorang anak dapat sukses di masa depan, Bunda. Ada banyak hal lain yang berpengaruh pada masa depannya.

Menurut seorang psikolog anak dan pakar parenting, Michele Borba, ketekunan anak ialah kemampuan nomor satu yang dapat mendukung kesuksesannya kelak. Tak hanya itu, sebagai orang tua, Bunda dan Ayah mempunyai tugas untuk mendorong anak mengembangkan sifat-sifat yang akan membantunya sukses.


Lebih lanjut, Michele mengungkapkan anak-anak yang mempunyai ketekunan dan tak mudah menyerah mempunyai kepercayaan diri yang tinggi kalau upaya mereka akan membuahkan hasil yang baik.

Dengan begitu, anak tetap termotivasi untuk bekerja keras dan menyelesaikan apa yang mereka mulai meski mempunyai hambatan dalam prosesnya.

"Saya menemukan bahwa ketekunan ialah soft skill No. 1 yang membedakan anak-anak yang mempunyai motivasi tinggi dengan mereka yang mudah menyerah," ujarnya.

Cara mengembangkan ketekunan anak

Michele menjelaskan bahwa ketekunan pada anak rupanya dapat dikembangkan, Bunda. Berikut ini beberapa langkah yang dapat Bunda lakukan:

1. Latih anak tak mudah putus asa

Hal pertama yang harus Bunda lakukan untuk mengembangkan sifat tekun anak ialah dengan menjauhkan mereka dari unsur yang dapat membuatnya putus asa.

Menurut Michele, langkah mudahnya ialah dengan tak memberikan tekanan kepada anak untuk selalu sukses dan selalu mengapresiasi upaya yang dilakukan anak, beri anak pemahaman bahwa kesuksesan sifatnya hanya sementara. Tak hanya itu, Bunda juga perlu pahami tingkat kemampuan anak.

2. Apresiasi upaya Si Kecil

Salah satu Psikolog dari Stanford, Carol Dweck menemukan bahwa kecerdasan anak cenderung tak memperkuat ketika kepintaran mereka dipuji, Bunda. Hal ini menyebabkan anak akan sigap merasa puas.

Anak akan merasa lebih termotivasi dan akan lanjut berjuang keras ketika dipuji atas upaya dan kerja kerasnya, bukan hasilnya. Memuji upaya anak akan mengembangkan ketekunannya.

Selain itu, pujian ini juga akan membikin anak terdorong untuk sukses. Mereka akan mengesampingkan imbalan atau hadiah.

Lantas adakah langkah lain yang dapat Bunda lakukan untuk mengembangkan ketekunan anak?

TERUSKAN MEMBACA KLIK DI SINI.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

(mua/fir)