Bruntusan di Jidat Ganggu Penampilan? Sembuhkan dengan Cara Ini

Trending 5 days ago 5
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Salah satu masalah kulit yang sering dialami kebanyakan orang ialah bruntusan di jidat. Masalah kulit yang satu ini mempunyai banyak unsur penyebab, baik itu unsur internal maupun eksternal.

Kebanyakan orang mengira bahwa bruntusan disebabkan oleh jerawat, tetapi faktanya ini bukan satu-satunya penyebab. Bruntusan di jidat dapat disebabkan oleh sel kulit meninggal hingga alergi.

Secara umum, perawatan kulit untuk menghilangkan bruntusan di jidat tak susah kok, Bunda. Bunda tetap dapat menyembuhkannya sendiri di rumah melalui rangkaian skincare yang disarankan.


Namun, sebelum mengetahui bagaimana langkah menghilangkannya, Bunda perlu tahu terlebih dahulu apa saja unsur yang dapat menyebabkan bruntusan.

Penyebab bruntusan di jidat

Meski bruntusan lebih menonjol di antara mereka yang mempunyai kulit berminyak, itu bukan satu-satunya dalih kenapa seseorang mengalami bruntusan. Salah satu area umum bruntusan, sebagian besar ialah jidat.

Berikut ialah beberapa unsur yang menyebabkan munculnya bruntusan pada jidat:

1. Perubahan hormonal

Melansir dari laman Times of India, ketidakseimbangan dan perubahan hormon ialah salah satu dalih terbesar munculnya jerawat di jidat. Perubahan tubuh pada masa pubertas dapat menimbulkan berbagai ragam pada tubuh dan bruntusan ialah salah satunya.

2. Stres

Stres juga dapat memicu munculnya bruntusan di jidat. Stres dapat menyebabkan banyak masalah kulit seperti penuaan dini, kerutan, dan mempengaruhi regulasi sebum yang ideal. Saat produksi minyak menjadi rusak, sebum yang berlebih dapat memicu jerawat dan bruntusan, lho.

3. Kelebihan minyak

Penyebab bruntusan nyaris sama seluruh gejala jerawat, merupakan dimulai dengan kelebihan minyak yang diproduksi oleh kelenjar sebaceous. Minyak ekstra yang dikirim melalui pori-pori untuk melindungi dan melembapkan kulit, terkadang dapat tersumbat saat menuju permukaan kulit, dan menciptakan bruntusan.

4. Iritasi riasan

Iritasi dari bahan kimia pada kosmetik juga dapat menyebabkan bruntusan, terutama kalau kulit Bunda sensitif. Mungkin Bunda akan mengalami breakout setelah menggunakan merek make up baru.

5. Terlalu sering menyentuh paras dengan tangan kotor

Menyentuh paras dengan tangan kotor juga dapat menyebabkan bruntusan dan jerawat, lho. Jari-jari Bunda menyimpan minyak dan bakteri ke kulit, dan masuk ke dalam pori-pori Bunda.

Itulah beberapa hal yang menyebabkan munculnya bruntusan pada jidat Bunda. Lalu, bagaimana langkah menyembuhkannya?

Lanjut baca halaman berikutnya untuk mengetahui bagaimana langkah menyembuhkan bruntusan di jidat, yuk, Bunda

Bunda, yuk, download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga video 5 unsur penyebab kulit bruntusan yang ada di bawah ini, ya, Bunda.

[Gambas:Video Haibunda]