Bila Payudara Tidak Membesar saat Hamil, Normalkah dan Apa Penyebabnya?

Trending 2 months ago 8
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Payudara saat hamil, payudara memang cenderung akan berubah ya Bunda. Biasanya akan membesar dan ada perubahan warna pada puting. Namun, ada beberapa bunda hamil (bumil) yang tak mengalaminya.

Meski sudah hamil hingga trimester 3 pun, ada Bunda yang payudaranya tidak membesar. kalau seperti ini dan apa sebabnya sehingga tak membesar?

Payudara tak membesar saat hamil

Salah satu gejala awal kehamilan itu payudara yang nyeri hingga terasa membengkak. Hal ini disebabkan lonjakan hormon estrogen dan progesteron, serta prolaktin merupakan hormon otak yang berhubungan dengan laktasi.


Peningkatan hormon ini dapat meningkatkan aliran darah ke payudara dan menyebabkan perubahan pada jaringan payudara untuk mempersiapkan menyusui.

Cheryl Axelrod, M.D., Ob-gyn, instruktur klinis senior mengatakan bahwa selama kehamilan payudara mengalami banyak perubahan untuk mempersiapkan menyusui bayi. Apa saja?

Pertumbuhan payudara. Pada usia kehamilan mulai  6 hingga 8 minggu, bumil mungkin memandang payudarnya semakin besar, dan akan lanjut tumbuh sepanjang kehamilan.

Vena dan perubahan pigmen. Bumil mungkin dapat memandang pembuluh darah di bawah kulit payudara, dan setelah beberapa bulan pertama, areola (lingkaran berpigmen di sekeliling puting ) juga akan menjadi lebih besar dan lebih gelap.

Benjolan di areola. Benjolan mini di areola menjadi lebih jelas setelah hamil. Benjolan ini ialah sejenis kelenjar penghasil minyak yang disebut tuberkel Montgomery.

Payudara bocor. Selama kehamilan payudara mulai memproduksi kolostrum, susu penambah kekebalan yang akan didapatkan bayi saat pertama kali mulai menyusui. Bumil mungkin akan mengeluarkan sedikit unsur kental kekuningan selama beberapa bulan terakhir kehamilan. Beberapa bumil mulai rembes lebih awal, dan beberapa tak pernah rembes sama sekali.

Muncul benjolan. Terkadang bumil merasakan ada benjolan di payudaranya. Ini biasanya tak berbahaya dan dapat berupa kista berisi susu (galaktokel) atau tumor payudara jinak (fibroadenoma).  Namun menjadi tak biasa kalau bumil mengembangkan sesuatu yang serius (seperti kanker payudara) selama kehamilan. Tetap konsultasikan ke dokter atau bidan kalau menemukan benjolan yang keras, persisten, atau mengkhawatirkan.

Penyebab payudara bumil tak membesar

Jika payudara bumil tak membesar, jangan khawatir. "Banyak wanita hamil mengalami perubahan payudara, tetapi banyak yang tak – dan itu normal juga," katanya dikutip dari Baby Center.

Ia bilang, payudara bumil tak perlu membesar, bocor, atau terasa sakit untuk menunjukkan bahwa kehamilan itu sehat atau bumil siap menyusui. Beberapa payudara wanita ada yang tak banyak mengalami berubah selama kehamilan.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Saksikan juga yuk video tentang fakta bahwa hamil dan menyusui bisa turunkan risiko kanker payudara.

[Gambas:Video Haibunda]