Profil instastories

Berkomunikasi Dengan 'Teman Tuli' Tanpa Repot Belajar Bahasa Isyarat

Ilustrasi Tuli

Apakah kamu memiliki teman, kerabat, atau rekan kerja yang menderita gangguan pendengaran? Jika iya apakah mereka bisa beraktifitas layaknya kita yang memiliki pendengaran normal? Salah satu tolok ukur beraktifitas layaknya seseorang yang memiliki pendengaran yang baik adakah dapat berkomunikasi antara teman tuli dan teman dengar (sebutan yang lebih sopan dibanding tuna rungu dan orang berpendengaran normal). Namun terkadang kendala bagi kita sebagai teman dengar adalah tidak semuanya memahami bahasa isyarat untuk berkomunikasi dengan mereka. Ini yang membuat mereka menjadi merasa dikucilkan karena tidak diajak berkomunikasi.

Aplikasi Live Transcribe

Saat kini kita sudah tidak perlu khawatir akan permasalah di atas karena Google telah mengeluarkan aplikasi berbasis speech recognition (pengenal suara) yang bernama Google Transcribe (Live Transcribe ). Aplikasi tersebut mirip cara kerja Google Assistant  dimana pengguna mengucapkan sesuatu kemudian Google Assistan akan mencarikan informasi atau menjalankan perintah sesuai yang pengguna ucapkan. Bedanya Live Transcribe dengan  Google Assistant adalah jika Google Assistant akan mencarikan informasi atau menjalankan pertintah sesuai yang pengguna ucapkan, Live Transcribe hanya akan memberikan respon kepada pengguna dengan ketikan teks dari apa yang diucapkan tadi.

Lalu bagaimana aplikasi tersebut bisa membantu teman-teman tuli? Jadi begini pertama teman tuli kita mempunyai smartphone yang terinstall Live Transcribe kemudian dia mengajak kita berkomunikasi dengan mengetikkan teks (atau mungkin berbicara secara langsung, ada beberapa teman tuli yang bisa berbicara namun tidak bisa mendengar tanggapan orang lain). Kemudian teman dengar sebagai lawan bicara tidak perlu merespon dengan bahasa isyarat supaya mereka paham, teman tuli cukup mendekatkan ponselnya ke lawan bicara dan lawan bicara berbicara sesuai apa yang ingin mereka sampaikan dan seketika aplikasi Live Transcribe akan memunculkan tulisan berupa ucapan dari lawan bicara di ponsel teman tuli.

Hasil Review Pengguna Aplikasi

Aplikasi tersebut mendapat rating cukup bagus dan bisa berjalan pada mode offline Bahasa Indonesia.  Meskipun demikian aplikasi tersebut perlu dikembangkan lantaran memiliki interpretasi kata yang sedikit kurang misal pada suatu review pengguna yang mencoba perkenalan dengan aplikasi ini dari nama asli Hansel Samuel Hutabarat, yang tercetak pada aplikasi  malah “Hasil tambang batubara” kan aneh ya? Tapi meski demikian aplikasi ini sudah cukup membantu teman-teman kita yang mengalami gangguan pendengaran atau bisa kita manfaatkan lain sebagai notulensi atau belajar listening Bahasa Asing. Semoga bermanfaat _/\_

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.

Stori terkait
Jun 5, 2020, 1:48 PM - Padina Dariyanti
Mei 13, 2020, 5:05 AM - Fitri Handayani
Mei 10, 2020, 11:56 AM - Aisyah Nur Rochmah
Mei 6, 2020, 10:36 AM - Adi Bayu Permana