Profil instastories

Berharap pada manusia adalah patah hati yang paling disengaja

“Ketika hatimu terlalu berharap kepada seseorang, maka Allah timpakan ke atas kamu pedihnya sebuah pengharapan, supaya kamu mengetahui bahwa Allah sangat mencemburui hati yang berharap kepada selain Dia. Maka, Allah menghalangimu dari perkara tersebut agar kamu kembali berharap kepada-Nya.” – Imam Syafi’i

Berharap pada manusia sering sekali menjadi kebiasaan kita semua, padahal manusia tak pernah memberikan harapan yang pasti kepadanya, namun sifat ego untuk selalu berharap pada manusia bahkan sampai membabi buta, lantas jika kemudian hari dikecewakan akan mengeluh kepada siapa? 

Berharap pada manusia itu tidak dilarang, namun hal yang tak benar juga jika dilakukan terus menerus sampai menyiksa jiwa, sampai membuat hati kecewa, dimana hal tersebut sengaja dilakukan tanpa adanya rasa iba kepada raga. 

Sekali lagi Allah selalu memerintahkan untuk selalu berharap hanya kepadanya, karena ialah yang akan memberikan harapan sebenarnya tanpa perantara PHP atau sejenisnya. 

Namun terkadang, manusia tak mau tau itu, entah lupa atau melupakannya, bahkan berharap pada manusia sampai membuat mala petaka, bahkan bunuh diri juga ada lho!  Sangat miris kan, mari perbaiki diri dan mengingat Allah, sertakan segala da'a dan harapan hanya kepada Allah. 

 أَلا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

"ingatlah, hanya dengan mengingat Allah, hati menjadi tentram. "

 

Enjoyed this article? Stay informed by joining our newsletter!

Comments

You must be logged in to post a comment.