Berat Badan Ideal Anak Usia 1-5 Tahun Menurut WHO, Bunda Perlu Tahu

Trending 2 months ago 13
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Berbicara tentang tumbuh kembang anak, tentu sangat menarik untuk para Bunda. Bunda memantau tumbuh kembang Si Kecil mulai dari lahir bukan?

Hal ini sangat krusial karena tumbuh kembang yang bagus dapat mempengaruhi kesehatan dan kecerdasan anak. Seperti yang kita tahu, pertumbuhan dan perkembangan masing-masing anak itu berbeda-beda.

Meski begitu, Bunda dapat memandang apakah anak tumbuh dengan bagus berdasarkan berat badan ideal anak. Nah bagaimana caranya Bunda? Untuk Bunda dengan usia balita, dapat dengan mencari tahu lewat tabel berat badan anak usia 1-5 tahun menurut World Health Organization (WHO). 


Pada usia anak di atas satu tahun, pertumbuhan berat badannya memang tak terlalu signifikan seperti pada tahun awal kelahirannya Bunda. Namun, hal ini tetap harus dipantau setiap bulannya.

Melansir dari laman Baby Center, anak usia 12 hingga 24 bulan atau yang dikenal dengan usia toddler ini, mengalami kenaikan berat badan lebih dari 2 kg. 

Pertambahan berat badan anak

Sementara untuk usia anak 2 hingga 5 tahun atau dikenal dengan anak usia dini, kenaikan berat badan berkisar 1 hingga 2 kg setiap tahunnya. Meski tak bertambah sebesar yang sebelumnya, Si Kecil bertumbuh semakin aktif. 

"Antara usia 12 dan 24 bulan, sebagian besar balita tumbuh dan bertambah berat badannya sekeliling 2,27 kg. Lalu sebagian besar anak mendapatkan kenaikan berat badan sekeliling 2 kg setiap tahun antara usia 2 tahun - 5 tahun," kata Dawn Rosenberg dokter anak yang berbasis di San Fransisco, Amerika Serikat dikutip dari laman Baby Center beberapa waktu lalu. 

Jadi jangan khawatir terlebih dahulu kalau Si Kecil terlihat lebih mini dari kawan sebayanya. Bisa saja berat badan anak rupanya telah sesuai dengan berat badan ideal berdasarkan berat badan ideal menurut WHO.

Jika Bunda mendapati berat badan anak yang kurang ideal, rutin mengecek tabel berat badan anak menurut WHO ini tetap dapat berguna. Hal ini dapat menjadi alarm dan saat yang pas bagi Bunda untuk segera mendatangi dokter anak, sehingga dapat diatasi segera. 

Melansir dari laman formal organisasi kesehatan bumi atau WHO, berat badan anak mencerminkan status kesehatannya. Anak yang sehat tentu mempunyai berat badan yang ideal, tak kurang, namun tak juga berlebihan. Untuk itu, perlu bagi Bunda untuk mengukur secara berkala berat badan Si Kecil.

WHO membagi standar berat badan anak usia 1-5 tahun ini berdasarkan beberapa kategori Bunda sesuai usianya. Pertama ialah berat badan anak usia 0-12 bulan, lampau usia 1-5 tahun, dan terakhir usia 6-12 tahun. Kali ini kita akan membahas berat badan anak usia 1-5 tahun.

Simak penjelasan selanjutnya di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga video perbedaan stunting dan gizi jelek pada anak berikut ini:

[Gambas:Video Haibunda]

fase-anak

Anak Usia 1-3 Tahun Ketahui lebih jauh perkembangan anak 1-3 tahun. Cek Yuk arrow-right