Benarkah Ibu Hamil Dilarang Tidur Jelang Persalinan?

Trending 5 days ago 4
ARTICLE AD BOX

Jakarta -

Proses melahirkan yang enggak sejenak dapat menguras tenaga. Tak jarang Bunda merasa kelelahan dan dapat tertidur, bahkan saat mengalami kontraksi.

Kemudian, muncul anggapan bahwa tidur sebelum melahirkan sebenarnya tak diperbolehkan. Sebab, proses melahirkan membutuhkan tenaga Bunda dalam keadaan sadar. Benar enggak ya?

Faktanya, ada Bunda yang tertidur saat melahirkan anaknya dengan selamat. Menurut Alexandra Bratschie, bidan perawat bersertifikat di Spectrum Health West Michigan, persalinan sebenarnya dapat dimulai bilamana pun karena setiap kehamilan berbeda.


"Setiap kehamilan berbeda dan setiap persalinan berbeda, semuanya juga dapat dimulai dengan berbeda," kata Bratschie, dilansir Romper.

"Beberapa orang yang melahirkan dapat merasakan kram atau kontraksi sejak awal. Tapi, ada juga yang merasa kontraksi tak cukup bisa membangunkan mereka dari tidur," sambungnya.

Kata pakar soal tidur sebelum dan saat melahirkan

Tidur sebelum dan selama persalinan memang dapat terjadi. Tapi, hal tersebut dapat disebabkan karena beberapa faktor, seperti pemberian obat pereda nyeri.

"Tidur selama persalinan mungkin terjadi, paling sering pada persalinan dini. Selama persalinan aktif, kalau mendapatkan epidural (bius lokal) untuk mengendalikan rasa sakit, itu juga dapat membikin tidur," kata Catherine Sewell, M.D., Kepala Departemen Obstetri dan Ginekologi di St. Joseph Medical Center.

Keinginan untuk tidur sebelum melahirkan juga dapat terjadi karena kelelahan. Pada beberapa kondisi, tidur sebelum melahirkan malah disarankan, Bunda. Terutama bila merasakan kontraksi di malam hari.

Menurut penelitian di jurnal Reproductive Sciences, melahirkan di malam hari dapat terjadi karena jumlah melatonin yang diproduksi tubuh bercampur dengan hormon kehamilan untuk memulai kontraksi.

Lalu apa yang harus dilakukan bila Bunda mengalami kontraksi di waktu tidur ini?

Selengkapnya dapat dibaca di halaman berikutnya.

Bunda, yuk download aplikasi digital Allo Bank di sini. Dapatkan diskon 10 persen dan cashback 5 persen.

Simak juga 3 dalih krusial Bunda perlu pendamping jelang persalinan, di video berikut:

[Gambas:Video Haibunda]

kehamilan

Kehamilan Trimester 3 Ketahui perkembangan kehamilan Trimester 3 setiap minggu. Cek Yuk arrow-right